Salin Artikel

De'Tjolomadoe Dipakai Konser Tulus, Venue Tenis Meja ASEAN Para Games Pindah ke Sport Hall Tirtonadi

Hal tersebut karena eks Pabrik Gula yang dibangun pada 1861 oleh Mangkunegaran IV ini akan digunakan sebagai lokasi konser Tulus pada 29 Juli 2022.

"Kaitannya dengan konser Tulus itu memang (De'Tjolomadoe) tidak bisa dipakai (venue para-tenis meja). Kita pindahkan ke Sport Hall Tirtonadi karena memang biasa dipakai venue tenis meja juga," kata Sekretaris Jenderal Komite National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto di Solo, Jawa Tengah, Senin (27/6/2022).

Rima mengatakan alasan memilih Sport Hall Tirtonadi sebagai venue para-tenis meja karena sudah biasa dipakai venue dalam kejuaraan tenis meja.

"Nanti kita siapkan tujuh meja untuk pertandingan di indoor. Nanti untuk yang pemanasan kita bikinkan tenda besar di luar Sport Hall Tirtonadi," kata dia.

Ada 14 venue disiapkan untuk mendukung penyelenggaraan ASEAN Para Games XI. Venue-venue tersebut tersebar di Solo dan Semarang.

Venue-venue tersebut semuanya sudah siap. Meskipun ada perbaikan kecil, panitia menargetkan sebelum 15 Juli 2022 sudah selesai.

"Perbaikan dari PUPR menjanjikan tanggal 15 Juli atau bahkan lebih cepat sudah finish semuanya. Jadi ini dikebut siang malam sama dengan SDM yang banyak," ungkap Rima.

Rima pun mencontohkan perbaikan venue para-tenis di Kompleks Stadion Manahan. Setelah dilakukan perbaikan kondisi venue para-tenis tersebut seperti baru lagi.

"Jadi kita optimis semua venue-nya selesai jauh sebelum event dan kita bisa uji coba. Biar kontingen Indonesia bisa uji coba lapangan dulu biar dapat feel-nya dari pada kontingen tamu," kata Rima.

Ketua INASPOC sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, venue para-tenis meja pindah ke Sport Hall Tirtonadi karena De'Tjolomadoe dipakai konser Tulus.

"Khusus De'Tjolomadoe pindah ke Tirtonadi (Sport Hall)," kata Gibran.

Menurut putra sulung Presiden Jokowi ada dua cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di Tirtonadi Solo.

Venue pertama di Convention Hall Tirtonadi untuk cabor Judo. Kemudian kedua menggunakan Sport Hall Tirtonadi sebagai venue cabor para-tenis meja.

"Ada dua (cabor) di sana (Tirtonadi). Soalnya di De'Tjolomadoe ada konser Tulus ternyata," terang Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/27/142047978/detjolomadoe-dipakai-konser-tulus-venue-tenis-meja-asean-para-games-pindah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke