Salin Artikel

Terseret Arus Sungai, Anggota Brimob Polda Kepri Gugur di Sulteng

Seorang personel Satbrimob Polda Kepri yang bertugas di Sulawesi Tengah dalam rangka Operasi Madago Raya 2022 gugur saat bertugas.

"Bripka Anumerta Janwar Sobar Wijaya, Dantim Alfa 19 Ambon Satgas Mandago Raya gugur dalam bertugas,” kata Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu melalui keterangan tertulis, Minggu (26/6/2022).

Ia mengatakan, saat itu tim yang dipimpin oleh Bripka Anumerta Janwar sedang melaksanakan patroli rutin hendak menyebrangi sungai Desa Salubanga Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Dia hanyut terseret arus yang deras pada Jumat (24/6/2022) sekitar pukul 15.00 Wita.

Pada saat melintasi sungai, Janwar sebagai orang kedua yang kemudian terseret arus.

Anggota yang pertama kali menyeberang sempat menarik ransel Janwar, tapi karena arus terlalu deras.

Akibatnya, Janwar terbawa arus. Sebanyak tiga personel Brimob lainnya kemudian menyisir sungai itu sejauh 200 meter, tapi tidak kunjung menemukan Janwar.

Karena terkendala komunikasi, Wadantim Alfa 19 Ambon menugaskan tiga personel Tim lainnya untuk merapat ke Pos Sekat Salubanga untuk melaporkan kejadian tersebut dan meminta bantuan ke Posko.

Selanjutnya, enam tim personel Satbrimob Polda Kepri beserta Basarnas Palu mendatangi lokasi awal Janwar terbawa arus.


Selama tim menyisir sungai, ditemukan ransel dan rolling bed yang diduga milik Janwar sejauh 1.5 kilometer dari titik awal.

“Bripka Anumerta Janwar ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia pada Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 12.40 Wita. Almarhum ditemukan sejauh 5,5 kilometer dari lokasi hanyut dalam keadaan terapung,” jelas Rendra Salipu.

“Kami jajaran Satbrimob Polda Kepri sangat berduka atas gugurnya anggota tersebut, almarhum merupakan seorang komandan tim terbaik dan teladan bagi anggotanya. Harapan saya kepada anggota yang saat ini masih bertugas di Poso agar tetap semangat, fokus dalam bertugas, pantang menyerah dan jaga keselamatan,” tambah Rendra.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Kepri Irjen Aris Budiman meminta seluruh kepolisian sektor dan kepolisian resor mengibarkan bendera setengah tiang pada Senin (27/6/2022).

Pengibaran bendera setengah tiang itu jadi simbol penghormatan untuk mendiang Janwar.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/26/201955878/terseret-arus-sungai-anggota-brimob-polda-kepri-gugur-di-sulteng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke