Salin Artikel

Pengamat Minta Polisi Periksa Urine Sopir Bus yang Mengalami Kecelakaan Masuk ke Jurang di Tasikmalaya

KOMPAS.com - Pengamat Transportasi Azas Tigor Nainggolan meminta polisi untuk memeriksa urine sopir bus yang mengalami kecelakaan masuk ke jurang di Jalan Raya Rajapolah, Tasikmala, Jawa Barat, Sabtu (25/6/2022) dini hari.

Hal itu, kata Tigor, untuk mengetahui apakah urine sopir bus itu mengandung narkotika atau tidak.

"Polisi harus memeriksa urine si sopir untuk melihat kondisi kelaikan tubuh sopir, mengandung alkohol atau zat yang berasal dari narkotika," kata Tigor, kepada Kompas.com, Sabtu (25/6/2022) malam.

Bukan itu saja, Tigor juga meminta polisi untuk memeriksa manajemen kerja perusahaan dari bus pariwisata yang alami kecelakaan.

Sebab, sambungnya, kecelakaan itu terjadi karena sopir sempat tertidur beberapa detik hingga akhirnya bus masuk jurang.

"Penyebabnya bisa jadi si sopir kecapean atau juga kurang istirahat dan kurang tidur. Kondisi tidur sesaat itu akibatnya sangat berbahaya," ujarnya.


Kata Tigor, kecelakaan akibat si sopir tidak laik bekerja sudah sering terjadi dan harusnya membutuhkan pengawasan serius dari pemerintah.

Masih kata Tigor, agar kejadian kecelakaan lalu lintas bus akibat sopir kelelahan atau kurang istirahat tidak terjadi lagi, maka dalam hal ini perlunya peran pemerintah melakukan pengawasan lebih ketat untuk menegakan aturan pasal 90 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Pengawasan harus dilakukan agar tidak jatuh korban manusia pengguna layanan angkutan umum, seperti bus pariwisata yang sering alami kecelakaan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, kecelakaan terjadi karena sopir mengantuk dan bahkan sempat tertidur beberapa detik.

"Menurut pengakuan sopir, penyebab musibah kecelakaan bus pariwisata ini akibat ia mengantuk," kata Aszhari di lokasi kejadian, seperti dilansir dari Tribun Cirebon.

Akibat insiden ini, tiga orang dilaporkan tewas, empat orang mengalami luka berat, dan belasan lainnya mengalami luka-luka.

Seluruh korban meninggal dan luka berat sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum (RSU) dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/26/153519978/pengamat-minta-polisi-periksa-urine-sopir-bus-yang-mengalami-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke