Salin Artikel

Isi Surat untuk Jokowi dari Ibunda TKI Cianjur yang Tewas di Arab Saudi

CIANJUR, KOMPAS.com – Tak kunjung ada kejelasan soal kasus kematian anaknya di Arab Saudi, Ai Rukiah (59) menulis surat untuk Presiden Jokowi.

Melalui tulisan tangan di atas selembar kertas putih bergaris, perempuan paruh baya ini menuangkan segala kegelisahan dan harapannya.

Ai memohon orang nomor satu di Indonesia itu membantu proses pengungkapan kasus kematian anaknya yang diduga dibunuh.

“Saya dan keluarga memberanikan diri melalui surat ini, berharap, meminta bantuan kepada bapak presiden atas pengungkapan kasus dan hak-hak putri saya, dikarenakan sudah hampir 2 tahun lebih belum ada informasi atas kejelasan dari pihak manapun,” tulis Ai dalam suratnya yang dikutip Kompas.com, Minggu (26/6/2022).

Ai berharap bisa segera mendapat kejelasan karena sudah menempuh berbagai prosedur, termasuk mengirimkan dokumen yang dibutuhkan dalam penanganan kasus yang menimpa anaknya tersebut.

“Saya dan keluarga sudah mengirimkan dokumen yang dibutuhkan oleh pihak-pihak terkait yang saat ini sedang mengurusi,” sambung Ai dalam suratnya.

“Sekali lagi  atas nama keluarga PMI (pekerja migran Indonesia) dengan amat sangat bantuan dari bapak presiden,” pungkasnya.

Diduga Dianiaya hingga Tewas

Ai menceritakan, dua bulan sebelum menerima kabar kematian anaknya, ia sempat berkomunikasi dengan korban via telepon.

Saat itu, korban yang telah sepuluh tahun bekerja di negeri petro dolar tersebut mengabarkan jika kondisinya baik.

Namun, sejak sebulan terakhir, pihak keluarga tidak lagi mendapat kabar. Hingga akhirnya menerima kabar duka perihal kejadian yang menimpa korban.

“Tiba-tiba dapat kabar kalau anak saya sudah meninggal dunia,” ucap Ai lirih.

Ai menduga, anaknya menjadi korban penganiayaan hingga meninggal dunia. Pasalnya saat ditemukan, terdapat sejumlah luka memar di tubuh korban.

"Karena itu, saya memberanikan diri menulis surat ke pak presiden, memohon bantuannya agar ada kejelasan atas kasus anak saya ini," ujar Ai.

Sebelumnya, seorang TKI asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bernama Evi Noviyanti (36) ditemukan tewas di area parkir RS Al Khafji, Arab Saudi, Kamis (26/3/2020).

Saat ditemukan, kondisi tubuh warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Cianjur itu penuh lebam.

Evi diduga dianiaya, dan tubuhnya digeletakkan di parkiran rumah sakit hingga meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/26/122721178/isi-surat-untuk-jokowi-dari-ibunda-tki-cianjur-yang-tewas-di-arab-saudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke