Salin Artikel

Antisipasi PPS Lelah Berlebih, KPU Karawang Siapkan Strategi Pemilu 2024

KARAWANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang menyusun strategi untuk mengantisipasi panita penyelenggara pemilu mengalami kelelahan berlebihan menghadapi pemilu 2024.

Ketua KPU Karawang Miftah Farid mengatakan, strategi disusun untuk mengantisipasi kejadian pada pemilu serentak 2019. Di mana saat itu ada 13 orang yang meninggal saat menjalankan tugas sebagai panita penyelenggara pemilu.

"Saya juga yakin KPU Pusat sudah menyiapkan strategi. Nanti ada dua panel dalam satu TPS (tempat pemungutan suara. Dimana satu panel diisi tiga orang. Panel kedua diisi sisanya," kata Farid di Kantor KPU Karawang, Kamis (23/6/2022).

Namun, strategi rincinya masih disiapkan. Nantinya, strategi itu kan disosialisasikan kepada panitia pemungutan suara dan yang terkait.

Farid mengakui, pada pemilu 2024, KPU di daerah harus kerja lebih ekstra. Sebab, jarak antara pemilihan legislatif dan presiden dengan pilkada serentak cukup dekat.

Diketahui, Pileg dan Pilpres digelar 14 Februari 2024. Sedangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak digelar 27 November 2024.

"Sehingga tahapan-tahapan harus dipersiapkan secara matang," kata Farid.

Farid berharap pemilu 2024 berjalan lancar. Karenanya diperlukan dukungan semua pihak, mulai dari stakeholder terkait pemilu hingga masyarakat.

Seperti diketahui, tahapan pemilu 2024 telah dimulai sejak 14 Juni 2022. Adapun KPU Karawang saat ini tengah menyiapkan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/23/214145778/antisipasi-pps-lelah-berlebih-kpu-karawang-siapkan-strategi-pemilu-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke