Salin Artikel

7 Ekor Sapi Perah Terkapar di Kawasan Pasar Hewan Boyolali, Dibeli dari Jatim dan Diduga PMK

Sapi-sapi tersebut merupakan milik warga Desa Jelok yang baru saja dibeli dari wilayah Jawa Timur.

Kepala UPT Pasar Hewan Sunggingan Boyolali, Sapto Hadi Darmono menyampaikan, sapi-sapi tersebut tiba di Boyolali dan diturunkan di sekitar pasar hewan Jelok sekitar pukul 03.00 WIB.

Diduga karena suhu yang panas selama di perjalanan membuat sapi-sapi itu menjadi lemas. Sehingga pada saat diturunkan tidak kuat berdiri dan tergeletak.

"Karena ada laporan warga, saya pukul 05.00 WIB sudah sampai di pasar hewan Jelok untuk melihat kondisi sapi tersebut," kata Sapto dihubungi via telepon, Kamis (23/6/2022).

Menurut dia dari tujuh ekor tersebut, empat ekor sapi tergeletak di dalam pasar hewan. Sedangkan tiga lainnya di luar pasar.

"Sebetulnya empat ekor yang tergeletak di dalam pasar hanya untuk transit. Karena si pemilik itu di rumahnya tidak ada tempat penurunan sapi," terang Sapto.

Karena didatangkan dari luar daerah, sapi-sapi tersebut langsung dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Boyolali.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan ditemukan ada beberapa sapi yang mengarah ke penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Dari informasi katanya di sana (Jawa Timur) ada sapi murah. Sehingga warga ini membeli di sana tujuh ekor sapi yang kemungkinan harganya lebih miring dari pada di sini," jelas dia.

Setelah diketahui mengalami gejala yang mengarah PMK, sapi tersebut langsung dipisahkan dengan sapi lainnya supaya tidak menulari. Selama dipisahkan atau diisolasi, kata Sapto sapi tersebut tetap mendapatkan pemantauan dan pengawasan dokter hewan.

Kemudian kawasan pasar hewan Jelok yang dijadikan sebagai transit langsung disterilkan dengan disemprot disinfektan. Hal tersebut agar virus PMK yang dibawa oleh sapi tersebut tidak menulari terhadap ternak lainnya di sekitar pasar.

"Setelah sapi-sapi itu dibawa pulang pemiliknya pasar hewan itu langsung saya sterilkan dengan disemprot disinfektan," kata Sapto.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/23/213827078/7-ekor-sapi-perah-terkapar-di-kawasan-pasar-hewan-boyolali-dibeli-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke