Salin Artikel

4 Orang Terluka Diserang Babi Hutan Gunung Giyanti Magelang

MAGELANG, KOMPAS.com - Seekor babi hutan tiba-tiba menyerang sejumlah warga di Dusun Kuwang, Desa Windusari Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2022). Akibatnya, 4 orang warga mengalami luka-luka. 

Warga menduga, binatang itu muncul dari hutan di kawasan lereng Gunung Giyanti, sekitar 1 kilometer dari Dusun Kuwang. 

Keempat warga yang terluka adalah Zulfatul Karimah (30), Juman (55), Asimah (53), dan Agus.

Dua di antaranya, Zulfatul dan Juman, mengalami luka-luka cukup berat sehingga harus menjalani perawatan inap di RSD Merah Purih Kabupaten Magelang. 

Salah satu korban, Asimah menceritakan, saat itu sekitar pukul 09.00 WIB, dirinya dan rekannya, Juman, sedang merumput di kebun dengan posisi jongkok. Tiba-tiba dari belakang diseruduk babi hutan persis mengenai paha sebelah kiri. 

“Saya tiba-tiba diseruduk, ya kaget. Saya melihat (babi hutan), takut. Ini kena di paha,” ujar Asimah, saat ditemui di rumahnya di Dusun Kuwang, Desa Windusari, Kamis (23/6/2022). 

Beruntung Asimah hanya mengalami luka ringan. Begitu juga dengan Agus, warga lainnya, yang berusaha menolong korban, tidak luput dari serangan babi hutan itu.

Asimah dan Agus menjalani rawat jalan di Puskesmas Windusari.

Sebelum menyerang Asimah, binatang itu juga menyerang Zulfatul di jalan kampung. 

Sementara itu, seorang warga lainnya, Mukhlasin (42) menceritakan, saat kejadian dia baru saja tiba di rumah usai bepergian. Dia tiba-tiba mendengar suara orang teriak meminta tolong. 

Dia pun bergegas menuju arah sumber suara, dan mendapati korban Zulfatul sedang diserang babi hutan di jalan kampung setempat.  

“Begitu dengar suara teriakan minta tolong, saya turun ke bawah, ada korban yang lagi diserang babi hutan. Saya melihat kedua kakinya sudah dimakan sama itu (babi hutan)," ujar Mukhlasin.  

Beruntung babi hutan itu berhasil dihalau dan melarikan diri. Menurut Mukhlasin, babi hutan tersebut diduga mengamuk karena diburu oleh kawanan pemburu dari hutan Gunung Giyanti yang berjarak sekitar 1 kilometer dari dusun tersebut. 

https://regional.kompas.com/read/2022/06/23/202554378/4-orang-terluka-diserang-babi-hutan-gunung-giyanti-magelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke