Salin Artikel

Bupati Lepas Ratusan Calon Jemaah Haji, Calon Termuda di Purworejo 20 Tahun

Secara simbolis, bupati melepas calon jemaah itu dengan memberikan bendera di Pendopo Bupati, Kamis (23/6/2022).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, Jajaran Forkopimda, Sekda Drs Said Romadhon, para asisten sekda, kepala Kantor Kemenag serta perangkat daerah terkait.

Kepala Kantor Kemenag Drs Fatturrohman mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada jemaah calon haji.

Selain itu, juga untuk menyampaikan informasi terkait rencana pemberangkatan serta mempererat silaturahmi dan komunikasi antar calon haji se-Purworejo.

"Usia jemaah calon haji termuda adalah 20 tahun, atas nama Reza Rahmanda Putra. Sedangkan jemaah haji tertua berumur 65 tahun. Calon haji pria 142 orang, sedangkan wanita 168 orang," katanya usai kegiatan.

Fatturrohman menyebut, Kloter 37 terdiri dari 90 orang tergabung dengan jemaah asal Semarang dan Salatiga, dan berangkat dari Purworejo pada 28 Juni pukul 03.30 WIB.

Kloter 38 terdiri dari 223 jemaah tergabung dengan rombongan Kabupaten Wonosobo. "Kloter 38 dijadwalkan berangkat dari Purworejo 29 Juni pukul 03.30 WIB," katanya.

Bupati Agus Bastian mengajak para calon haji untuk bersyukur, karena setelah 2 tahun ditunda, tahun ini jamaah calon haji Indonesia termasuk dari Kabupaten Purworejo dapat kembali diberangkatkan ke Tanah Suci.

Pemerintah pusat akan memberangkatkan 100.051 jamaah dari Indonesia secara bertahap melalui berbagai embarkasi yang ada.

"Jumlah kuota haji internasional yang diberikan ke Indonesia ini merupakan yang paling besar dibanding negara-negara lainnya. Dan untuk Kabupaten Purworejo, ada sebanyak 313 calon haji yang akan berangkat," katanya.

Bupati mengimbau untuk warga Purworejo yang terpanggil ke Tanah Suci untuk mempersiapkan fisik dan mental. Ia menyebut ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan banyak pengorbanan baik dari segi biaya, waktu maupun resiko.

Sedangkan kepada petugas haji daerah, ia meminta agar memberikan pelayanan dan pendampingan yang optimal dan terbaik bagi seluruh jamaah.

"Saya juga meminta agar Bapak Ibu senantiasa menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan di antara para jemaah. Jagalah nama baik Indonesia, dan khususnya nama Kabupaten Purworejo. Karena pandemi belum berakhir, saya juga berpesan agar selalu menjaga protokol kesehatan," harapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/23/175415078/bupati-lepas-ratusan-calon-jemaah-haji-calon-termuda-di-purworejo-20-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke