Salin Artikel

Ada Wacana Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, DPC Gerindra dan PKB Salatiga Bertemu

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerindra Salatiga, Yuliyanto, bertenu Ketua DPC PKB Saeful Masud, dan sepakat meneruskan kerja sama yang dibangun di tingkat pusat.

Ditemui di kantor DPC Gerindra Kamis (23/6/2022), Yuliyanto mengatakan kerja sama dua partai ini telah diawali komunikasi yang intensi.

"Kerja sama ini didasari komitmen bersama dan agar tidak ada dusta di antara kita. Nanti kerja sama di pileg, pilpres, hingga pilkada akan kita wujudkan," jelasnya.

Yuliyanto mengungkapkan pada tahap awal, akan dilakukan komunikasi hingga tingkatan paling bawah agar tidak ada gesekan antar kader.

"Ini bisa menjadi kekuatan hingga nanti di Pilkada Salatiga, agar kita bisa melanjutkan program yang telah dilakukan saat saya menjadi wali lota Salatiga, PKB bisa menjadi tambahan kekuatan baru," kata Yuliyanto yang menjadi Wali Kota Salatiga dua periode.

Dengan demikian, lanjutnya, pembangunan Salatiga bisa terus dikawal. "Memang masih banyak PR yang belum selesai, tanggung jawab kita bersama untuk mengawal demi kesejahteraan masyarakat," kata Yuliyanto.

Meski begitu, Yuliyanto mengatakan belum ada kesepakatan untuk nama bakal calon yang bakal diusung dalam Pilkada Salatiga 2024. "Untuk nama kita belum ada kandidat, proses masih terus mengalir. Tapi intinya kita sepakat kerjasama dengan PKB," ungkapnya.

Sementara Saeful Masud menyampaikan, kesepakatan kerjasama antara PKB dan Gerindra, disambut antusias oleh kader hingga tingkatan paling bawah. "Ini sepertinya tanda-tanda semesta mendukung gerakan kerjasama PKB bersama Gerindra," paparnya.

Menyinggung rencana koalisi PKB dengan PKS yang juga digagas pengurus pusat, Saeful mengatakan prinsipnya membuka ruang untuk partai lain bergabung.

"Semut merah bisa berubah menjadi naga merah, karena memang semua harus kerja sama. Tapi kita tetap menunggu keputusan dari pusat, kita fokus ke kerja sama dengan Gerindra di Salatiga," kata Saeful.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/23/141828678/ada-wacana-koalisi-kebangkitan-indonesia-raya-dpc-gerindra-dan-pkb-salatiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke