Salin Artikel

3.088 Ternak Suspek PMK, Pemkab Boyolali Kembali Tutup Pasar Hewan hingga Buka Posko Pengaduan

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati mengatakan, jumlah hewan ternak yang terpapar PMK tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Boyolali.

"Dari 22 kecamatan tersebut, terdapat tiga kecamatan yang masuk zona merah PMK, yakni Mojosongo, Ampel dan Andong. Artinya di wilayah tersebut terdapat hewan ternak yang positif PMK dari hasil laboratorium," kata Lusia dalam keterangan resminya, pada Rabu (22/6/2022).

Sementara itu, 19 kecamatan lainnya berada di zona kuning karena terdapat hewan ternak yang suspek PMK.

Sebagai salah satu langkah untuk menekan penyebaran PMK pada hewan ternak, pihaknya menutup lima pasar hewan di Boyolali. Kelima pasar hewan itu yakni Pasar Hewan Jelok di Kecamatan Cepogo, Pasar Hewan Karanggede, Pasar Hewan Purworejo di Kecamatan Nogosari, Pasar Hewan Simo dan Pasar Hewan Ampel.

Pentupan ini, lanjut dia sudah yang ketiga  kalinya. Penutupan tahap pertama dilakukan pada 27 Mei 2022 hingga 10 Juni 2022. Kemudian dilanjutkan tahap kedua pada 11 Mei 2022 hingga 20 Juni 2022.

"Kita memperpanjang penutupan pasar hewan di Kabupaten Boyolali tahap ketiga mulai tanggal 21 Juni 2022 sampai dengan 4 Juli 2022," ungkap dia.

Menurut Lusia penutupan pasar hewan tersebut cukup efektif untuk menekan laju penyeberan dan penularan PMK.

"Setelah dilakukan evaluasi kondisi peningkatan penyebaran PMK dan tingkat kesembuhan yang juga meningkat cukup signifikan. Ini menjadi pertimbangan dilakukan kebijakan penutupan kelima pasar hewan yang ada di Kabupaten Boyolali," jelas dia.

Di samping melakukan penutupan pasar hewan, Pemkab Boyolali akan melakukan vaksinasi hewan ternak sapi sesuai dengan prioritas jenis dan umur sapi. Selain itu juga membuka posko pengaduan PMK pada masyarakat melalui nomor 081228320007.

"Posko ini diharapkan mampu memberikan penanganan cepat laporan masyarakat terkait PMK pada hewan ternak," kata Lusia.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/22/185901178/3088-ternak-suspek-pmk-pemkab-boyolali-kembali-tutup-pasar-hewan-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke