Salin Artikel

200 Ekor Sapi Tiba di Sorong untuk Memenuhi Kebutuhan Hewan Kurban

SORONG, KOMPAS.com - Petugas Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong, Papua Barat, memantau proses kedatangan 200 ekor sapi dari wilayah Kepulauan Seram, Maluku.

Ratusan sapi itu tiba di Pelabuhan Laut Arar Sorong, Rabu (22/6/2022). Kedatangan sapi itu untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban saat hari raya Idul Adha.

Untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), sapi-sapi itu terlebih dahulu disemprot cairan disinfektan dan pemeriksaan kesehatan.

"Untuk mengantisipasi adanya penyebaran penyakit pada sapi, yaitu Penyakit Mulut dan Kuku, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan secara fisik seluruh sapi yang akan diangkkut ke truk dan dibawa ke tempat penampungan," kata Kepala Stasiun Karantina Pertanian Sorong Drh. I Wayan Kartanegara.

Menurut I Wayan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan dokumen yang diterima, ratusan sapi tersebut dalam kondisi sehat.

Nantinya, sebelum didistribusikan untuk dijadikan hewan kurban, sapi-sapi itu akan menjalani masa karantina selama tujuh hari.

"Sebelum dipotong untuk persiapan kurban nanti, seluruh sapi ini terlebih dahulu masuk dalam karantina selama tujuh hari. Jika dinyatakan sehat secara keseluruhan kumudian dapat didistribusikan," ujar I Wayan.

I Wayan menyebutkan, wilayah Kabupaten Sorong saat ini masih dalam posisi zona hijau dari wabah PMK. Sehingga, upaya pencegahan sangat penting dilakukan dan menjaga kondisi sapi-sapi tetap sehat.

Apalagi, Kabupaten Sorong merupakan pusat pasokan sapi bagi sejumlah wilayah yang ada di Papua Barat.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/22/105706378/200-ekor-sapi-tiba-di-sorong-untuk-memenuhi-kebutuhan-hewan-kurban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke