Salin Artikel

Pemburu Barang Kuno di Sungai Batanghari Tewas Tertimbun Tanah Saat Menyelam

JAMBI,KOMPAS.com - Seorang penyelam yang memburu barang kuno atau antik tewas di dasar Sungai Batanghari Jambi saat menyelam.

Pemburu barang kuno itu adalah Erpendi (36), warga RT 29 Pulau Pandan, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi.

"Korban meninggal dunia karena tanah di dasar sungai runtuh dan menimpa yang bersangkutan," kata Kapolsek Kumpeh Ilir, AKP Dedi Subandi, Selasa (21/6/2022).

Dedi menjelaskan, tempat kejadian perkara meninggalnya Erpendi berada di Sungai Batanghari tepatnya di Lingkar III, Suak Kandis, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi sekitar pukul 14.30 WIB, kemarin.

Saat tenggelam di dasar sungai, korban bersama tiga orang rekannya sedang mencari barang antik di Sungai Batanghari.

"Korban bersama Ridho, Anang, dan Baihaki menyelam di Sungai Batanghari mencari barang antik," kata Subandi. 

Kondisi arus bawah sungai yang tidak bisa diprediksi, membuat para penyelam barang kuno ini berhati-hati.

Ketika menyelam di dasar sungai, tubuh mereka diikat tali, untuk memudahkan evakuasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pada saat kejadian, rekan korban yakni Ridho dan Anang sempat menarik tali yang mengikat tubuh korban namun tersangkut. Pasalnya, tubuh korban sudah tertimbun tanah.

Untuk mengevakuasi korban yang tertimbun tanah di dasar sungai, tim penyelam turun membantu. 

"Saat ditemukan korban sudah meninggal dunia. Setelah dievakuasi korban langsung dibawa keluarganya dengan menggunakan speed boat," tutupnya.

Untuk diketahui, banyak pemburu emas dan barang kuno menyelam di dasar Sungai Batanghari. Lantaran para penyelam mengetahui sungai pernah menjadi jalur perdagangan dunia selama berabad-abad.

Bahkan di sepanjang dasar Sungai Batanghari pernah ditemukan pecahan keramik asal Asia Tenggara, tembikar asal Persia, dan perhiasan emas peninggalan masa kerajaan Melayu kuno dan barang-barang berharga dari kerajaan Sriwijaya serta Dharmasraya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/21/084036778/pemburu-barang-kuno-di-sungai-batanghari-tewas-tertimbun-tanah-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke