Salin Artikel

23 TKI Selamat dalam Insiden Kapal Tenggelam, Komandan Lanal Batam: Ada yang Mencoba Kabur dari Petugas

Saat ini 23 TKI Ilegal yang berhasil diselamatkan masih menjalani pemeriksaan di Mako Lanal Batam.

Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH), Farid Ma'ruf mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan mendalam terhadap para korban kapal tenggelam tersebut.

"Kami ingin mengetahui siapa yang menjadi tekong atau otak pelaku dari perjalanan mereka, karena 23 orang yang telah dievakuasi ini seluruhnya korban atau TKI yang diberangkatkan menuju Malaysia secara ilegal," kata Farid di Mako Lanal Batam.

Dia mengatakan, dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa korban yang berhasil diselamatkan para nelayan, ada yang sempat berusaha kabur.

TKI tersebut meminta pertolongan nelayan untuk diantarkan ke daerah lain agar tidak diketahui oleh petugas.

“Saat proses evakuasi kemarin, ada korban yang minta diantarkan ke lokasi lain untuk menghindar dari pantauan petugas,” papar Farid.


Farid juga mengungkapkan, pihaknya belum berhasil mengetahui identitas ketujuh korban yang hingga saat ini belum berhasil ditemukan.

“Untuk tujuh korban lainnya, kami masih melakukan pendalaman terkait identitas mereka. Sebab 23 korban yang selamat mengaku tidak mengetahui nama dan asal ketujuh korban yang hilang ini,” terang Farid.

Lebih jauh Farid mengatakan, saat ini pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan BP2PMI. Hal ini dilakukan guna memfasilitasi kepulangan ke daerah asal dari para korban tersebut.

"Januari kemarin kami juga berhasil melakukan penangkapan terhadap jaringan TKI ilegal di Batam. Kami curiga keberangkatan para korban ini juga ada keterkaitannya dengan dalam jaringan yang kami amankan beberapa waktu lalu,” jelas Farid.

Untuk diketahui, kapal speedboat yang memiliki dua mesin berkapasitas 200 PK, Kamis (16/6/2022) malam kemarin tenggelam di perairan Nongsa, Batam.

Diduga speedboat tersebut menabrak kayu hingga akhirnya terbalik dan tenggelam sesaat setelah bertolak dari wilayah Nongsa.

Speedboat tersebut diketahui mengangkut 30 TKI ilegal yang seluruhnya berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan akan menuju ke Malaysia.

Dari 30 TKI Ilegal yang tenggelam, 23 orang berhasil diselamatkan dan tujuh orang lagi masih dalam pencarian.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/18/203043378/23-tki-selamat-dalam-insiden-kapal-tenggelam-komandan-lanal-batam-ada-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke