Salin Artikel

Papan Nama Khilafatul Muslimin di Kaur Bengkulu Dicopot, Eks Anggotanya Baca Ikrar Setia NKRI

Pembacaan ikrar itu berlangsung di masjid Desa Sumber Harapan yang disaksikan perwakilan Pemerintah Kabupaten Kaur, Kepolisian Resor Kaur dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kaur lainnya pada Kamis (16/6/2022).

Setelah itu, papan nama Khilafatul Muslimin di masjid tersebut juga dicopot. Buku-buku terkait ideologi kelompok itu juga dimusnahkan.

Mantan anggota kelompok itu kemudian diberikan bendera merah putih, lambang garuda, foto Presiden Joko Widodo, dan sejumlah sembako.

Organisasi ini dibawa ke Kaur oleh salah seorang warga asal Lampung yang bermukim di Desa Sumber Harapan.

"Kelompok Khilafatul Muslimin yang berada di Kabupaten Kaur ini dengan nama jaringan Khilafatul Muslimin Kemas’hulan pimpinan Abdul Qodir Hasan Baraja," ujar Dwi, Jumat (17/6/2022).

Sebanyak 45 anggota Khilafatul Muslimin di Kaur, kata Dwi, tidak paham dengan ideologi yang diusung organisasi ini.

Mereka hanya ikut pengajian yang diselenggarakan.

"Pelan-pelan kita ingatkan bahwa dasar Negara Indonesia adalah Pancasila hingga mereka secara sukarela bersedia membubarkan diri untuk setia pada NKRI," sebut Dwi.

Sedangkan Ketua Khilafatul Muslimin Kemas’hulan Kabupaten Kaur Suparjan mewakili eks anggota lain menyatakan permintaan maaf jika kehadiran mereka sudah mengganggu ketenangan warga lain.

"Kami nyatakan bahwa Khilafatul Muslimin di Desa Sumber Harapan sudah tidak ada lagi. kegiatan majelis taklim yang berkenaan dengan Khilafatul Muslimin di Sumber Harapan sudah tidak akan ada lagi. Kami minta maaf pada masyarakat," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/17/142514778/papan-nama-khilafatul-muslimin-di-kaur-bengkulu-dicopot-eks-anggotanya-baca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke