Salin Artikel

Abrasi Pantai Minahasa Selatan, Rumah yang Ambles ke Laut Jadi 33 Unit

Ratusan warga ini mengungsi di Aula Gereja GMIM Centrum dan Aula Kantor Kelurahan Lewet, Kecamatan Amurang. Data ini dirilis oleh Polda Sulawesi Utara, Kamis (16/6/2022) sore.

"Update terakhir, sebanyak 33 rumah ambles ke laut, dan 33 kepala keluarga atau kurang lebih 210 jiwa harus mengungsi di dua lokasi, yaitu Aula Gereja GMIM Centrum dan Aula Kantor Kelurahan Lewet Kecamatan Amurang," kata Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, dalam keterangan terulis.

Mulyatno didampingi Ketua Bhayangkari Sulut bersama sejumlah pejabat utama (PJU) telah turun ke lokasi bencana.

Di sela-sela peninjauan di lokasi bencana, Mulyatno memberikan bantuan sosial berupa sembako di dua mobil boks kepada warga terdampak. Ia juga merasa prihatin dengan musibah bencana ini.

"Kami turut prihatin atas bencana abrasi pantai yang terjadi di Amurang. Ini sebagai bentuk simpati dan empati kami kepada warga terdampak bencana. Kedatangan kami ini untuk memberikan bantuan sosial langsung kepada warga," ujarnya.

Ia menegaskan, kepolisian akan terus mengamankan lokasi bencana ini karena masih dianggap masih rawan.

"Ini masih berpotensi berbahaya. Kita belum tahu apakah abrasi masih terjadi atau tidak. Dan itu harus kita jaga terus sampai ada penanganan selanjutnya secara komprehensif dari pemerintah daerah dan stakeholder terkait," tegas Mulyatno.

Kepada warga yang tertimpa musibah, dia menyampaikan agar tetap semangat dan bersabar dalam menghadapi ujian.

"Tetap sabar dan tentunya harus berhati-hati dan waspada. Kita juga menggunggah saudara-saudara kita lainnya untuk membantu warga yang tertimpa musibah," ujarnya.

Abrasi pantai ini terjadi di Kelurahan Bitung dan Kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang, Minahasa Selatan, atau tepatnya di pesisir Pantai Boulevard, Rabu (15/6/2022) sekitar pukul 14.00 Wita.

Selain rumah, jalan dan jembatan di Pesisir Pantai Amurang juga rusak. Termasuk bangunan kafe dan penginapan juga hanyut oleh abrasi.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/16/171651078/abrasi-pantai-minahasa-selatan-rumah-yang-ambles-ke-laut-jadi-33-unit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke