Salin Artikel

Warga Penajam Kaltim Tewas Diterkam Buaya Saat Mencari Udang

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Seorang pria bernama Kamarudin (37) tewas diterkam buaya saat mencari umpan untuk memancing di Muara Sungai Lop, Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabapupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur pada Selasa (14/6/2022).

Jasad korban ditemukan di mulut buaya usai diterkam saat menyelam mencari umpan.

Kejadian tersebut bermula saat korban bersama dua rekannya hendak memancing.

Namun sebelumnya mereka pergi ke sekitar Pantai Muara Sungai Lop, Mentawir untuk mencari udang yang akan dijadikan umpan.

Ketiganya pun menyusuri sungai lalu menyelam untuk mencari udang. Sial bagi korban, usai menyelam tidak kunjung muncul ke permukaan. 

"Setelah 10 menit menyelam, korban muncul di tengah muara Sungai Lop posisinya di dalam mulut buaya," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Marjani pada Rabu malam (15/6/2022).

Rekan korban bersama pihak keluarganya langsung melakukan pencarian di sekitar lokasi munculnya buaya bersama korban. Namun hingga larut malam korban tak kunjung ditemukan.

Pencarian pun dilanjutkan pada Rabu (15/6/2022) dengan memperluas area penyisiran, yakni di Sungai Tembuni dan Sungai Lop. Pada pukul 22.25 wita, salah seorang dari pihak keluarga korban bernama Bambang mencium aroma tidak sedap di sekitar hulu sungai wilayah bakau. 

"Ternyata setelah di dekati, bau tersebut bersumber dari beberapa serpihan organ tubuh korban, di mana terdapat seekor buaya besar disamping organ-organ tersebut," bebernya.

Selanjutnya pihak keluarga korban bersama petugas mempersiapkan perlengkapan untuk proses evakuasi korban. Setelah berhasil dievakuasi, jasad korban pun dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan. 

Diketahui, Sungai Mentawir Penajam Paser Utara memang dikenal sebagai habitat buaya. Di kawasan ini diperkirakan puluhan ekor buaya hidup bebas dan berkeliaran di wilayah sungai.

Sehingga warga acapkali diimbau agar selalu berhati-hati ketika beraktivitas di sungai.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/16/121054278/warga-penajam-kaltim-tewas-diterkam-buaya-saat-mencari-udang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke