Salin Artikel

Abrasi Pantai di Minahasa Selatan, Puluhan Rumah Tenggelam dan Rusak Berat, Warga Masih Mengungsi

Berdasarkan laporan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, Kamis (16/6/2022), ada 20 rumah warga tenggelam dan hanyut. sedangkan rusak berat ada lima rumah, cottage atau penginapan, satu restoran, dan 10 perahu.

Abrasi pantai ini terjadi di Kelurahan Bitung dan Kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang, Minsel, atau tepatnya di pesisir Pantai Boulevard, Rabu (15/6/2022) sekitar pukul 14.00 Wita.

"Penyebab abrasi pantai dan akan ditindaklanjuti dengan kajian-kajian," kata Bupati Minsel Franky Wongkar lewat pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis siang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel Glady Kawatu menuturkan, untuk mengetahui penyebab pasti amblasnya puluhan bangunan dan infrastruktur, ada tim dari pemerintah pusat yang akan turun ke lokasi bencana.

"Ada tim yang ditunjuk dan itu difasilitasi Pak Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemkab Minsel juga sudah berkoordinasi dengan ahli geologi untuk menyelidiki penyebabnya.

"Jam satu siang ini Balai Sungai dan Balai Jalan akan turun ke lokasi," sebutnya.

Dikatakannya, Pemkab Minsel menyebut bencana tersebut diduga abras pantai, sambil menunggu kajian-kajian penyebab pasti.

"Saat ini penyebabnya kita masih menyebut abrasi pantai," ujar Glady. Untuk saat ini, kondisi di lapangan pasca-bencana sudah tertangani.

"Warga yang terdampak masih mengungsi di posko yang disiapkan. Sudah disiapkan tiga posko dan posko induk di Kelurahan Lewat, Minsel," ungkapnya.

Pemerintah juga sudah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

Mewakili Bupati Minsel, Glady berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut yang sudah ikut membantu menangani bencana abrasi pantai di Amurang.

"Pak Bupati juga sudah koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk bantuan," tandas Glady.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/16/120606578/abrasi-pantai-di-minahasa-selatan-puluhan-rumah-tenggelam-dan-rusak-berat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke