Salin Artikel

Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang, Klaten: Harga Tiket, Jam Buka, Daya Tarik

KOMPAS.com - Jembatan gantung dan gondola Girpasang adalahi tempat wisata terbaru dan populer di Kabupaten Klaten.

Lokasi jembatan gantung dan gondola yang ikonik ini berada di Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Jembatan gantung dan gondola Girpasang Klaten baru saja diresmikan Ketua DPR RI Puan Maharani pada 21 Januari 2022 lalu.

Jembatan gantung dan gondola yang menjadi akses penghubung antara Dusun Beringin dengan Dusun Girpasang ini menjadi viral karena pemandangan alam di sekitarnya.

Pengunjung yang datang ke lokasi ini perlu membayar tiket masuk ke Girpasang mulai dari Rp 2.000 per orang.

Selama berada di kawasan ini, pengunjung bisa bebas berfoto atau berjalan melewati jembatan gantung tanpa dipungut bayaran atau gratis.

Namun jika ingin memberikan uang seikhlasnya tetap diterima dan akan digunakan oleh pengelola untuk biaya perawatan lokasi wisata tersebut.

Sementara pengunjung yang tergoda untuk menikmati pemandangan dari atas gondola yang menguji adrenalin bisa membayar tiket mulai dari Rp 60.000 per empat orang untuk sekali jalan.

Untuk jam buka jembatan gantung Girpasang bisa dilewati selam 2 jam, namun operasional gondola wisata dibatasi dari pukul 10.00 - 22.00 WIB atau melihat kondisi cuaca.

Jembatan gantung Girpasang merupakan akses penghubung yang membentang di atas jurang yang menjadi pembatas antara Dusun Beringin dengan Dusun Girpasang.

Jembatan gantung Girpasang dibangun dengan panjang 120 meter serta lebar 1,8 meter menggunakan material baja dengan pengait dari sling baja.

Dengan peruntukan bagi pejalan kaki, kapasitas jembatan gantung Girpasang adalah 50 orang.

Sementara keberadaan gondola tua yang ditarik dengan mesin motor di dekat jembatan Girpasang mulanya adalah sebagai alat untuk mengangkut berbagai barang dan hasil bumi milik warga.

Kini dengan adanya jembatan baru, Dusun Girpasang memiliki akses jalan yang lebih baik dan tidak lagi terisolir. Bahkan gondola baru yang bisa dinaiki sehingga menarik para wisatawan untuk mencobanya.

Gondola wisata berkapasitas 4 penumpang ini dibangun dengan anggaran 130 juta yang bersumber dari dana desa Pemerintah Desa Tegalmulyo.

Hal ini juga untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang seringkali menggunakan gondola sederhana untuk melintas, padahal peruntukannya hanya sebagai alat angkut barang.

Kini telah tersedia gondola wisata yang dibagun dengan lebih baik sehingga aman untuk dinaiki oleh masyarakat yang hendak melintas.

Sementara di sekitar area wisata juga terdapat warung kopi untuk menikmati pemandangan indah jembatan yang unik ini serta sejuknya udara di lereng Gunung Merapi.

Sumber:
pu.go.id  
yogyakarta.kompas.com 
travel.tribunnews.com

https://regional.kompas.com/read/2022/06/14/191638478/jembatan-gantung-dan-gondola-girpasang-klaten-harga-tiket-jam-buka-daya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke