Salin Artikel

Hari Ini dan Besok, Sejumlah Daerah di NTT Berpotensi Banjir Rob, Warga Diminta Waspada

KUPANG, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah pesisir di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berpotensi diterjang banjir rob pada hari ini, Senin (13/6/2022) dan besok, Selasa (14/6/2022).

Peringatan dini itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Kupang, NTT.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Dyah Safitri Maharani mengatakan, banjir rob merupakan peristiwa naiknya permukaan air laut ke daratan pesisir pantai yang disebabkan air laut pasang atau curah hujan yang tinggi.

"Hal itu kemudian menyebabkan daerah di sekitarnya tergenang oleh air laut," ujar Dyah kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Dyah mengatakan, sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi rob yakni pesisir Pulau Timor-Rote, pesisir Sabu-Raijua dan pesisir Pulau Sumba.

Masyarakat yang bermukim di pesisir pulau itu diminta untuk mewaspadai ancaman banjir rob.

Dyah mengatakan, penyebab utama peristiwa itu akibat adanya pengaruh dari aktivitas astronomi pada fase bulan purnama.

Posisi bulan, kata dia, berada pada jarak terdekat dengan bumi. Kondisi ini dapat menyebabkan potensi pasang maksimum, gelombang tinggi, dan angin kencang sehingga akan mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah NTT berupa potensi banjir pesisir.

Dampak dari kejadian itu, aktivitas transportasi di daerah, petani garam, dan perikanan darat di sekitar pelabuhan dan pesisir dapat terganggu.

"Masyarakat kita imbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/13/130747778/hari-ini-dan-besok-sejumlah-daerah-di-ntt-berpotensi-banjir-rob-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke