Salin Artikel

Ibu Rumah Tangga Gelapkan 5 Mobil Rental di Sleman Senilai Hampir Rp 1 Miliar

"RW sudah kita tetapkan sebagai tersangka. RW kita amankan di kos-kosan di Jalan Gito-Gati, Ngaglik," ujar Kapolsek Sleman Kompol Supardi, Jumat (10/06/2022).

Supardi mengatakan, awalnya RW menyewa mobil di salah satu rental di daerah Godean, Sleman. RW sudah berlangganan menyewa mobil di tempat tersebut. Sehingga korban tidak menaruh curiga terhadap RW.

"Bervariasi setiap bulannya ada yang Rp 5 juta, ada yang Rp 6 juta, ada yang Rp 7 juta. Pada bulan pertama (pembayaran sewa) berjalan lancar," ucapnya.

Namun setelah bulan kedua, RW mulai tidak membayar sewa rental mobil. Korban juga tidak bisa menghubungi RW.

"Bulan kedua dihubungi susah, tidak bisa dihubungi. Kemudian pelapor melaporkan ke Polsek," tegasnya.

Dari hasil penyelidikan, Polsek Sleman berhasil menangkap RW. Dari keterangan RW, mobil rental tersebut digadaikan.

"Mobil yang disewa dari pelapor oleh tersangka digadaikan bervariasi. Ada yang Rp 30 juta, ada yang Rp 35 juta. Tempat pegadaiannya ada di wilayah Temanggung dan Wonosobo," tandasnya.

Supardi menuturkan, uang hasil menggadaikan mobil tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersangka RW. Total ada lima unit mobil rental yang telah digadaikan oleh RW.

Lima unit mobil tersebut lanjut Supardi harganya hampir Rp 1 miliar. "Untuk kepentingan dia (RW) sendiri, salah satunya untuk membayar utang," urainya.

Dari tangan tersangka RW, Polisi berhasil mengamankan lima unit mobil. Akibat perbuatanya tersangka RW dijerat dengan  Pasal 372 KUHP.

"Ancaman hukuman empat tahun penjara," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/10/215210178/ibu-rumah-tangga-gelapkan-5-mobil-rental-di-sleman-senilai-hampir-rp-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke