Salin Artikel

Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Buka Event Fornas VI di Sumsel

PALEMBANG, KOMPAS.com - Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI akan digelar di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, pada 1-7 Juli 2022.

Wakil Gubenur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengatakan, sekitar 10.000 tamu dari seluruh Indonesia akan mengikuti event tersebut. Saat ini, persiapan untuk menggelar Fornas pun telah mencapai 90 persen.

"Untuk opening acara rencananya akan diadakan di Venue Sport Dayung Jakabaring Sport City (JSC). Kita menjadwalkan Presiden Joko Widodo yang akan membuka acara,” kata Mawardi, Jumat (10/6/2022).

Dengan diselenggarakannya event Fornas tersebut, roda perekonomian di Sumatera Selatan diharapkan dapat kembali berjalan.

Sebab, selama dua tahun terakhir pandemi seluruh event olahraga ditiadakan untuk menekan laju penularan virus Covid-19.

“Tingkat hunian hotel sekarang sudah mulai banyak di-booking untuk event ini, harapannya perekonomian maysarakat juga cepat pulih,” ujarnya.

Ketua Pelaksana event Fornas VI 2022 Achmad Syamsuddin menjelaskan, olahraga induk yang dipertandingkan di antaranya adalah Indonesia e-SportAssociation (IESPA), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Sementara itu, untuk olahraga ekshibisi, di antaranya yakni Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (Porteda), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

"50 persen perlombaan akan digelar di Jakabaring. Sedangkan untuk layang-layang, serta memanah dan berkuda di Kabupaten Ogan Ilir. Ada 34 kontingen dari seluruh Indonesia mengikuti acara ini,” ujarnya.

Ketua PHRI Provinsi Sumsel Kurmin Halim menambahkan, sejak dua bulan lalu mereka telah membentuk panitia intern dan sudah bertemu dengan vendor ataupun pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kemenpora.

“Jadi mereka yang vendor sistem paket, contohnya kalau ada daerah yang pesan berapa orang, check-in-nya mau tanggal berapa check-out-nya mau tanggal berapa, olahraganya apa. Nah, itu mereka vendor menjual plus transportasi dan konsumsi. Jadi mereka jual paket, misalnya satu juta sudah include semua. Jadi tidak ada perincian hotel berapa, pokoknya satu orang 3 juta mereka sudah terima bersih,” katanya.

Menurut Kurmin, penyelenggaraan Fornas di Provinsi Sumsel diyakini akan berdampak positif menggairahkan kembali geliat usaha perhotelan dan restoran setelah sebelumnya sempat terpukul hampir dua tahun akibat pandemi Covid-19.

“Kami berharap pelaksanaan Fornas ini bisa berjalan dengan baik, Sumsel sebagai tuan rumah mendapatkan nilai-nilai positifnya. Kemudian kondisi perekonomian khususnya anggota PHRI yang selama ini mengalami kesulitan tingkat hunian bisa meningkat lagi, minimal membuat gairah PHRI,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/10/104437278/presiden-joko-widodo-dijadwalkan-buka-event-fornas-vi-di-sumsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke