Salin Artikel

Labuan Bajo Destinasi Super Premium, Produk-produk Unggulan Didorong Memiliki Hak Paten

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual, Dede Mia Yusanti.

"Kekayaan Intelektual ini bertujuan untuk melindung hak cipta seperti merk, desain industri dan hak paten agar tidak lagi orang yang mengklaim ataupun produk yang diciptakan," ungkapnya saat menggelar konferensi pers di Hotel The Jayakarta Suites Komodo Flores, Labuan Bajo, Rabu (9/6/2022) malam.

Ia mengatakan, selain hak cipta, yang juga perlu dilindungi adalah hak komunal seperti tarian daerah.

Tarian daerah perlu dilindungi karena termasuk dalam hak komunal sehingga orang-orang daerah lain tidak bisa meniru lagi tarian daerah yang berada di Manggarai Barat dan NTT.

Ia menjelaskan, ada keuntungan secara ekonomi apabila karya-karya seni ataupun merak dimasukan ke dalam hak intelektual, yakni bisa mendorong masyarakat untuk menciptakan karya-karya seni ataupun ilmu pengetahuan.

"Ini yang uharus terus kita gali. Kita perkuat agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat yang setinggi mungkin daripada pelayanan Direktorat Kekayaan Intelektual kepada masyarakat untuk melindungi kekayaan intelektual," ungkapnya.


Ia sangat menyayangkan Pemerintah Kabupaten yang ada di NTT yang tidak memiliki Perda tentang kekayaan intelektual.

Padahal, NTT memiliki banyak potensial ekonomi yang perlu dilindungi.

"Tadi sudah di sampaikan oleh pak Sekda Manggarai Barat bahwa Pemda di sini sudah membuat perda tertantang kekayaan intelektual, dan itu sangat bagus," ungkap dia.

Untuk Manggarai Barat, kata dia, perlu adanya upaya untuk mendaftarkan semua produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat agar tidak mudah ditiru atau diimitasi oleh orang lain.

"Jadi kita tahu kekayaan alamnya juga banyak. Budayanya juga sangat beragam dan juga kabupaten Manggarai Barat ini menjadi salah satu destinasi pariwisata super premium. Maka banyak produk-produk yang dihasilkan yang tentunya harus dilindungi melalui kekayaan intelektual agar tidak mudah ditiru oleh orang lain," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/10/094733078/labuan-bajo-destinasi-super-premium-produk-produk-unggulan-didorong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke