Salin Artikel

Longboat dan Tongkang Tabrakan di Sungai Kapuas, Seorang Awak Kapal Hilang

KUBU RAYA, KOMPAS.com - Sebuah longboat menabrak kapal tongkang di Sungai Kapuas, persisnya di Desa Teluk Kapuas, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) Rabu (8/6/2022).

Kepala Kantor Pencarian dan Penyelamatan Pontianak Yopi Haryadi mengatakan, dalam peristiwa tersebut dua awak kapal, bernama Edo (22) dan Harifin (47) jadi korban. 

"Dari dua korban tersebut, sampai saat ini Edo masih hilang dan dalam pencarian. Sementara Harifin berhasil menyelamatkan diri," kata Yopi, dalam keterangan tertulisnya, pada Kamis (9/6/2022). 

Yopi menerangkan, peristiwa tabrakan tersebut terjadi di sekitar PT Kapuas Armada Sarana.

Saat tabrakan, Edo dan Harifin terjun ke sungai untuk menyelamatkan diri. 

"Namun, nasib berkata lain. Harifin selamat, sedangkan temannya Edo hilang dan masih dalam pencarian hingga saat ini," ucap Yopi. 

Yopi menerangkan, proses pencarian difokuskan di sekitar lokasi kejadian dengan menggunakan metode alat aqua eye atau alat pendeteksi kemungkinan posisi korban. 

"Kami juga melakukan pemasangan jaring. Selanjutnya pencarian juga dilakukan area permukaan," ujar Yopi. 

Yopi mengatakan, pencarian area permukaan ini dengan mengerahkahkan rigid inflatable boat, speedboat dan sampan motor nelayan dengan radius pencarian 1 nautical mile. 

"Untuk penyelaman akan dilakukan jika kondisi memungkinkan," tutup Yopi.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/09/170643778/longboat-dan-tongkang-tabrakan-di-sungai-kapuas-seorang-awak-kapal-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke