Salin Artikel

Pengusaha Ayam Potong Keluarkan Uang Pribadi Rp 420 Juta untuk Perbaiki Jalan Rusak

KOMPAS.com - Hananto, crazy rich asal Desa Pintu Ponorogo, Jawa Timur, mengeluarkan uang pribadi Rp 420 juta untuk memperbaiki jalan yang rusak di desanya.

Diketahui, Hananto merupakan seorang pengusaha ayam potong.

Ia memperbaiki jalan di kampungnya karena merasa prihatin. Sebab, jalan sepanjang 1,2 kilometer lebih di Dusun Ngadiro, Desa Pintu, Kecamatan Jenangan Ponorogo ini, selama bertahun-tahun sempit dan rusak nyaris tak pernah ada perbaikan.

Jalan yang diperbaiki ini menghubungkan antara Desa Pintu dengan Desa Ngrupit.

“Jadi pembangunan ini inisiatif dan dana pibadi dari Mas Hananto. Pembangunan ini dilakukan karena jalan yang ada saat ini terlalu sempit untuk dilewati kendaraan dan simpangan tidak bisa. Selain itu kalau menunggu (dana) dari daerah terlalu lama untuk turunnya,” kata Kepala Dusun Ngadiro, Imam Basuki , Senin, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (6/6/2022)

Imam mengatakan, jalan yang diperbaiki ini ramai dilewati warga saat jam kerja.

Kata Imam, ruas jalan ini hanya berkisar 3,2 meter, dan sekarang diperlebar hingga 5,4 meter dengan panjang 1.200 meter atau 1,2 kilometer.

Masih kata Imam, pengerjan jalan ini sudah dimulai sejak sepekan lalu. Saat ini ruas jalan di sebelah utara beberapa di antaranya sudah rampung dicor.


Imam mengatakan, warga yang mengetahui ada pengusaha lokal berdonasi untuk memperlebar ruas jalan, langsung berantusias menyumbang tenaga untuk mempercepat penyelesaian pelebaran ruas jalan tersebut.

Bukan itu saja, kata Imam, warga juga ada uang menyumbang konsumsi.

“Warga sangat antusias. Warga menyumbang tenaga, rokok, makanan dan minuman kompak dan guyub rukun. Dan amanah dari Mas Hananto semua warga mendukung seratus persen,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu warga sekitar bernama Anis Widyana mengatakan, sebelum jalan di kampungnya dilebarkan, ia menyebut jalannya sempit dan berbahaya.

"Alhamdulillah ada donatur. Semuanya dari masyarakat, tidak ada biaya dari pemerintah," katanya dikutip dari Kompas TV.

Anis mengaku senang ada donatur yang rela mengeluarkan uang pribadi untuk memperbaiki jalan.

"Alhamdulillah sekali," pungkasnya.

 

(Penulis : Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi | Editor : Priska Sari Pratiwi)/Kompas TV

https://regional.kompas.com/read/2022/06/09/052100778/pengusaha-ayam-potong-keluarkan-uang-pribadi-rp-420-juta-untuk-perbaiki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke