Salin Artikel

Menko PMK Muhadjir Effendy Sebut Candi Borobudur Sudah Kelebihan Beban

"Sudah dirumuskan sejak jauh-jauh hari," jelasnya saat ditemui di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022).

Berdasarkan informasi yang dia dapatkan, Candi Borobudur sudah tak lagi berdiri lurus dan harus ada penyangga untuk menerima beban wisatawan yang naik ke candi.

"Sementara untuk menahan beban material di candi itu sendiri sudah sangat berat," tuturnya.

Muhadjir menyebut, pembatasan sebanyak 1.200 pengunjung tiap harinya naik ke stupa Candi Borobudur adalah langkah ampuh untuk melindungi dan menjaga situs sejarah tersebut.

"Karena kita tahu itu agak sedikit miring, dan sudah ada upaya penyangga," ucapnya.

Sejauh ini, sudah banyak usulan masyarakat terkait pembatasan dan tarif naik Candi Borobudur akan segera ditindaklanjuti dan dipertimbangkan.

"Kalau memang banyak usulan dan saran dari berbagai pihak tentang tarif yang ditetapkan itu nanti akan kami cari jalan lain," katanya.

Seperti diketahui, rencana tiket untuk Candi Borobudur bakal dinaikan menjadi Rp 750.000 sempat ramai diperbincangkan. Berbagai elemen masyarakat banyak berkomentar baik pro maupun kontra.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/08/185732178/menko-pmk-muhadjir-effendy-sebut-candi-borobudur-sudah-kelebihan-beban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke