Salin Artikel

Pertemuan Kedua G20 Bakal Digelar di Solo, 39 Negara Dipastikan Hadir

Rencananya pertemuan tersebut digelar kembali pada 4-7 Juli 2022, mendatang dengan beberapa agenda kenegaraan yang cukup padat.

Pelaksana Harian atau Plh Wali Kota Solo sekaligus Wakil Wali Kota, Teguh Prakosa mengatakan sekitar 39 delegasi dari anggota TIIWG G20 bakal hadir.

"Seluruh utusan delegasi itu ada 39 delegasi, personelnya berkisaran resmi sekitar 150 orang, tapi kita belum bisa memberi gambaran siapa yang tertinggi yang hadir," kata Teguh setelah Rapat Forkompinda (Forum koordinasi pimpinan daerah) di Komando Resor Militer 074/Warastratama, Rabu (8/6/2022).

Teguh menjelaskan, ada beberapa agenda selama tiga hari di Kota Solo ini, mulai dari pertemuan dan city tour.

"Kalau jadwalnya itu tanggal 4 dan 5 itu kehadiran tanggal 6 itu rapat satu hari penuh. Kemudian ditambah tanggal 7  setengah hari (rapat). Setelah itu baru kegiatan belanja-belanja itu dikemas dengan city tour," jelasnya.

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) itu juga menjelaskan, selama city tour para delegasi TIIWG G20 akan diantar menggunakan kereta kencana.

"Para delegasi menghendaki dengan kereta kencana plus andong, Rencananya, ada 9 kereta kencana 4 unit dari Pemkot dan 5 unit Keraton, yang lainnya naik andong hias," ujar Teguh.

Sementara itu, tema presidensi tahun ini adalah recover together recover stronger dengan tiga isu prioritas utama yang memerlukan tindakan kolektif secara global.

Yakni mengenai arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, serta transformasi digital dan ekonomi.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/08/174926478/pertemuan-kedua-g20-bakal-digelar-di-solo-39-negara-dipastikan-hadir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke