Salin Artikel

Pantai Nampu Wonogiri: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

KOMPAS.com - Pantai Nampu terletak di Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. 

Kawasan pantai ini memiliki pemandangan alami.

Bagi Anda yang senang dengan wisata petualangan, Pantai Nampu dapat menjadi agenda untuk menghabiskan liburan.

Daya Tarik Pantai Nampu

Pantai Nampu merupakan pantai yang elok dan alami, hamparan pasir putih, dan memiliki garis pantai yang panjang.

Hamparan laut biru akan ditemukan di pantai ini. Di sisi lain, pantai memiliki ombak yang besar dan hempasan angin yang kencang.

Namun saat surut, pantai akan memperlihatkan pantai pasir putih yang indah dan karang. Pasir putih terdapat dipinggir pantai sementara dasar pantai berupa karang-karang.

Pantai Nampu memiliki lingkungan yang masih tergolong asri. Ratusan pohon pandan dan beberapa bukit karang membingkai pantai menawarkan keindahan.

Selama ini, Pantai Nampu masih dikenal oleh penduduk setempat. Belum banyak wisatawan luar daerah yang mengenal pantai ini.

Akses ke Pantai Nampu

Akses ke Pantai Nampu tergolong sulit, pengunjung yang akan mengunjungi pantai ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebab belum ada transportasi umum dari kota yang menuju pantai ini.

Pemandangan menuju pantai sangat menakjubkan. Pengunjung akan disuguhi panorama karst yang menawan dan diselingi dengan tanaman penduduk.

Perjalanan ke Pantai Nampu akan melalui jalanan sempit dan penuh tikungan yang memacu adrenalin.

Perjuangan menuju pantai terbayar dengan keindahan pemandangan pantai. Pohon pandan yang tumbuh lebih dari dua meter membuat lingkungan di sekitar pantai terasa asri dan sejuk.

Untuk melepas lelah, pengunjung dapat beristirahat di bawah pohon pandan sambil menatap jauh ke laut lepas. Rasa penat selama perjalanan pun hilang.

Jika ingin ke bibir pantai, pengunjung harus menuruni berpuluh-puluh anak tangga karena Pantai Nampu berada di bawah tempat parkir.

Energi yang terkuras usai menuruni anak tangga tidak sebanding dengan keindahan yang diperoleh setelah mencapai bibir pantai.

Pengunjung dapat bermain pasir, bermain air, bahkan mencari hewan-hewan kecil di sekitarnya.

Harga Tiket Pantai Nampu

Pantai Nampu merupakan destinasi wisata yang amat murah. Harga tiket di kawasan ini hanya seharga Rp 5.000 per orang

Rute Menuju Pantai Nampu

Perjalanan menuju Pantai Nampu dari Pusat Kota Wonogiri akan menempuh jarak sekitar 68 Km dalam waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Rute perjalanan menuju Pantai Nampu akan melewati Jalan Raya Wonogiri - Jalan Raya Wuryantoro - Jalan Raya Pracimatro Wonogiri - Jalan Pranggupito Gititontro - Jalan Pranggupito -Jalan Pantai Nampu - Pantai Nampu.

Sumber:

dispora.wonogirikab.go.id

travel.tribunnews.com

https://regional.kompas.com/read/2022/06/08/165516078/pantai-nampu-wonogiri-daya-tarik-harga-tiket-dan-rute

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke