Salin Artikel

Gempa M 4,6 Guncang Sumbawa, Tak Berpotensi Tsunami

Dari analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) NTB, menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4,6 dengan episenter pada koordinat 8,17° LS; 117,31° BT, atau di laut pada jarak 37 kilometer barat laut Sumbawa, NTB pada kedalaman 10 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Busur Belakang Flores.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septhiadi mengungkapkan, gempa dirasakan di wilayah Sumbawa II-III MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang,

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," ungkap Septhiadi dalam keterangan tertulis, Selasa.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut, dan hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Septhiadi mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan menjauhkan diri dari benda yang berpotensi rubuh.

"Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ungkap Septhiadi.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/07/154200578/gempa-m-46-guncang-sumbawa-tak-berpotensi-tsunami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke