Salin Artikel

Kapal Pengangkut dari Bali ke Labuan Bajo Alami Gangguan Mesin, 26 Wisatawan Asing Selamat

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com- Sebuah kapal wisata AL II KAI GT 171 yang berangkat dari Pelabuhan Benoa, Bali menuju Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami kendala kerusakan pada bagian mesin di perairan Selat Lombok, Sabtu (4/6/2022).

Kapal tersebut mengangkut wisatawan asing dari berbagai negara.

Pihak SAR awalnya menerima laporan dari Sabarudin, Ketua Koperasi Karya Bahari pukul 20.48 Wita, meminta untuk dievakuasi.

Diketahui beberapa wisatawan merupakan warga negara asing asal India, Jerman, Spanyol, Australia, Amerika Serikat, dan Italia.

"Permintaan evakuasi sebanyak 26 orang, 11 orang kru kapal dan sisanya penumpang," kata Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH, Minggu (5/6/2022).

Disampaikan Nanang, tim SAR diberangkatkan dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat dengan menggunakan kapal Rescue Boat 220 Mataram untuk melakukan evakuasi.

"Jarak 21,75 nautical mile menuju lokasi kapal, sesuai titik koordinat yang diberikan oleh nakhoda kapal tersebut," kata Nanang.

Kemudian, pada Minggu dini hari kapal tersebut ditemukan sebelah barat perairan Teluk Nara, Lombok Utara, karena terbawa arus ke arah selatan,dan kondisi masih bisa berlayar namun dengan kecepatan rendah.

"Karena dekat, kita arahkan ke Teluk Nara dengan pengawasan hingga dipastikan posisi aman," kata Nanang.

Kemudian sekitar pukul 2.45 Wita, kapal berhasil lego jangkar di lokasi Teluk Nara dengan seluruh korban dalam keadaan selamat.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/05/100954078/kapal-pengangkut-dari-bali-ke-labuan-bajo-alami-gangguan-mesin-26-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke