Salin Artikel

5 Hektar Lahan Gambur di Rokan Hulu Sudah Terbakar 4 Hari, Helikopter Bantu Pemadaman

Tim gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kesulitan memadamkan api di lahan gambut itu.

Babinsa Koramil 10/Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Serma BK Tumanggor mengatakan, pemadaman karhutla sudah memasuki hari keempat.

"Pemadaman dilakukan tim darat dan dibantu satu unit helikopter water bombing," kata Tumanggor kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/4/2022).

Ia menyebut, saat ini prajurit TNI bersama tim gabungan lainnya masih berjibaku memadamkan api.

Selain tim Satgas Karhutla, pemadam kebakaran dari sejumlah perusahaan turut membantu.

Memasuki hari keempat ini, dikatakan Tumanggor, luas lahan gambut yang terbakar sudah mencapai sekitar lima hektar.

"Lahan yang terbakar ini berisi tanaman sawit milik warga. Luas lahan yang terbakar sekitar lima hektar. Kami masih terus berupaya memadamkan api dan pendinginan," kata Tumanggor.

Terbatasnya sumber air disebut menjadi kendala petugas dalam melakukan pemadaman. Apalagi kedalaman gambut mencapai 50 sentimeter.

"Kendala kami di lapangan, yaitu cuaca ekstrem, sumber air terbatas, gambutnya tebal, dan angin kencang yang membuat asap tebal di lokasi," sebut Tumanggor.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/04/152601378/5-hektar-lahan-gambur-di-rokan-hulu-sudah-terbakar-4-hari-helikopter-bantu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke