Salin Artikel

56 Satwa Liar Selundupan Diamankan di Gorontalo, Harga Jualnya Capai Rp 500 Juta di Pasar Ilegal

Kanit 2 Satreskrim Polres Boalemo Aipda Ibnu Amin PS mengatakan, dari taksiran seorang penggemar satwa eksotik, nilai satwa yang diselundupkan di pasar ilegal mencapai Rp 500 juta.

“Seekor biawak saja ada yang senilai Rp 30 juta,” katanya saat meninjau barang bukti yang dititipkan di kantor Seksi Wilayah II Gorontalo, Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara.

Bahkan nilai perdagangan satwa ilegal ini diduga lebih dari itu. Apalagi ada dugaan satwa-satwa ini akan diperdagangkan di pasar internasional.

Dari penelusuran data secara daring, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pernah menyebut harga seekor anak orangutan mencapai lebih dari Rp 400 juta. Tingginya harga ini yang membuat kejahatan perdagangan satwa liar menduduki peringkat tinggi di Indonesia.

Hingga Kamis malam petugas Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki Sulawesi Utara yang menangani satwa di kandang sementara belum mengeluarkan hasil identifikasi akhir.

“Kami dari PPS Tasikoki di Gorontalo bekerja sama dengan BKSDA. Kami bertugas untuk memastikan aspek animal welfare satwa sitaan ini terpenuhi sampai nantinya masuk Lembaga konsevasi untuk direhabilitasi,” kata salah satu petugas PPS Tasikoki, drh. Avivah Vega Meidienna, Jumat (3/6/2022).

Dia menjelaskan tugas tim PPS Tasikoki ini selama di Gorontalo adalah fokus memberikan arahan tata cara perawatan satwa dan dukungan kesehatan hewan.

“Untuk jenis satwanya, masih belum final identifikasi. Kami masih coba hubungi ahli dari BRIN untuk kepastian spesies satwa-satwa tersebut. Besok mudah-mudahan sudah ada jawaban,” ujarnya. 

Saat ini satwa jenis primata yang sempat ditempatkan di kandang kotak besi sudah dipindahkan ke tempat permanen yang lebih luas di bagian belakang kantor Seksi Wilayah II Gorontalo.

Sementara itu satwa jenis kura-kura juga ditempatkan di kandang tersebut, tapi sebagian berada di ember plastik berisi air.Lalu reptil lainnya masih diletakkan di kandang besi yang penempatannya berada di dalam salah bangunan di belakang kantor.

Saat melakukan pemeriksaan petugas PPS Tasikoki dan BKSDA sangat berhati-hati, dikhawatirkan biawak-biawak ini meloncat keluar.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/03/085445478/56-satwa-liar-selundupan-diamankan-di-gorontalo-harga-jualnya-capai-rp-500

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke