Salin Artikel

Harga Sawit di Bengkulu Masih Rendah, 3 Pabrik Tutup Belum Bisa Ekspor

BENGKULU, KOMPAS.com - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masih rendah berkisar Rp 1.450-1.870 per kilogram. 

Meskipun Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, telah menetapkan harga terendah Rp 2.600 per kilogram serta Rp 2.800 tertinggi. Kesepakatan itu sulit diikuti sejumlah pabrik CPO di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah menyebutkan, saat ini harga di lapangan sangat rendah, karena sejumlah pabrik CPO belum bisa menjual ekspor CPO meski keran ekspor telah dibuka pemerintah.

"Ada 3 pabrik tutup tidak membeli TBS sawit petani karena stok CPO mereka penuh. Tangki CPO penuh sementara mereka belum mampu mendapat pembeli CPO untuk ekspor," kata Apriansyah ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/6/2022).

Tiga pabrik yang tutup karena stok CPO belum terjual yakni PT Sapta, PT GSS dan PT SS.

"Kami sudah cek memang tangki CPO mereka penuh. Mereka belum mendapatkan pembeli CPO untuk diekspor," tambah Apriansyah.

Secara keseluruhan ada 14 pabrik CPO di daerah itu. Apabila tidak mendapatkan pembeli CPO, diprediksi dalam beberapa hari ke depan, pabrik-pabrik CPO akan menghentikan pembelian buah sawit petani.

"Kalau mereka tak dapat pembeli CPO maka beberapa hari ke depan bisa saja stok CPO penuh lalu pabrik akan tutup pembelian sawit dihentikan," ujarnya.

Pihaknya telah melaporkan hal ini ke Pemprov Bengkulu untuk diketahui gubernur agar ada jalan keluar menyoal ekspor CPO.

"Kami tak punya kewenangan untuk memecahkan persoalan belum dibelinya CPO untuk ekspor, maka dari itu kami berkoordinasi dengan Pemprov Bengkulu," ujar Apriansyah.

Tunggu Tangker

Harapan terbelinya CPO, tambah Apriansyah, masih menunggu datangnya kapal tangker dari PT Gajah Sakti Sawitindo (GSS) berkapasitas 2.800 ton yang akan merapat ke Pelabuhan Pulau Baai, Sabtu 4 Juni 2022.

"Bila nenar tangker tiba mudah-mudahan pabrik kembali membeli buah sawit petani," demikian Apriansyah.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/02/133338878/harga-sawit-di-bengkulu-masih-rendah-3-pabrik-tutup-belum-bisa-ekspor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke