Salin Artikel

Penyelundup Orangutan Asal Makassar Ditangkap di Jalan Trans Sulawesi Gorontalo

Kedua penyelundup asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, hendak membawa orangutan tersebut ke Manado, Sulawesi Utara.

Selain orangutan, penyelundup ini juga membawa sejumlah satwa dilindungi lain seperti kera kecil, beberapa jenis kura-kura, hingga biawak.

Dalam mobil juga ditemukan enam kantong hewan yang tidak diketahui. Polisi menduga hewan tersebut berbisa dan 6 botol minuman hewan.

Binatang ini diletakkan dalam kendang kecil yang ditumpuk dalam sebuah minibus. Mobil ini merupakan taksi gelap yang diduga disewa oleh penyelundup.

Kepala Kepolisian Resor Boalemo AKBP Dadang Wijaya menjelaskan penangkapan pelaku penyelundupan dilakukan pada Senin (30/5/2022) pukul 15.00 Wita.

Kala itu, dua orang tersebut sedang melintas di depan Markas Kepolisian Resor Boalemo.

“Satuan lalu lintas Polres Boalemo melaksanakan razia di depan Mako Polres Boalemo dan berhasil mengadang kendaraan roda empat dengan nomor polisi DD 1037 RR yang dikemudikan oleh Wahyu Fajar bersama rekannya Ibrahim,” kata AKBP Dadang Wijaya, Selasa (31/5/2022).

Saat itu kendaraan pelaku berusaha menghindari petugas, sehingga personel Satuan Lalu Lintas langsung memeriksa isi kendaraan tersebut.

Setelah digeledah ditemukan beberapa kotak yang berisi hewan dilindungi yang tidak memiliki dokumen.

“Sehingga kendaraan beserta sopir bersama temannya dan beberapa hewan lindung tersebut diamankan di Polres Boalemo untuk dilakukan penyidikan dan penyelidikan,” tutur AKBP Dadang Wijaya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/31/193032278/penyelundup-orangutan-asal-makassar-ditangkap-di-jalan-trans-sulawesi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke