Salin Artikel

Pastikan Menara Masjid Sriwedari Kuat, Panitia Pembangunan: Konstruksi Besi Bajanya sampai Ratusan Tahun

Sehingga,tidak benar adanya informasi yang mengatakan bahwa menara masjid setinggi 114 meter akan ambruk.

"Itu hoaks. Dari kita sendiri tidak ada laporan apa-apa. Kalau konstruksi besi baja itu kan sampai ratusan tahun. Dengan konstruksi baja sedemikian luar biasa kemudian dengan quality control pembangunan luar biasa ketat, jadi sangat kuat itu (bangunannya)," kata Wakil Sekretaris Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari, Farid Sunarto dihubungi Kompas.com, Selasa (31/5/2022).

Farid mengatakan progres pembangunan Masjid Sriwedari Solo sampai dengan saat ini telah mencapai 85 persen. Panitia sedang berusaha untuk mencarikan dana guna melanjutkan pembangunan masjid yang masih tersisa 15 persen.

"Intinya kita dalam perintah Pak Wali Kota, Pemerintah Kota Solo dengan keterbatasan (dana) itu usahanya seperti apa. Tentu di bawah Pak Wali yang paling berwenang mengarahkan karena (pembangunan Masjid Sriwedari) tidak dianggarkan di APBD," terang dia.

Pihaknya berharap dengan upaya pencarian dana pembangunan Masjid Sriwedari dapat diupayakan dilanjutkan kembali.

"Iya, harapannya pembangunan masjid bisa segera selesai," kata Farid.

Sebelumnya, pembangunan Masjid Sriwedari Solo, Jawa Tengah yang sempat mandek karena pendanaan akan diupayakan dilanjutkan kembali.

Diketahui, pembanguna masjid di kawasan eks Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari dilakukan dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari yang juga mantan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo mengatakan, telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk mengupayakan kelanjutan pembangunan.

"Ini menunggu dana. Ini dicarikan oleh Pak Wali Kota (Gibran Rakabuming Raka), Pak Mahfud MD (Menko Polhukam) semuanya sedang menunggu ini," kata Purnomo sapaan akrab saat dihubungi wartawan di Solo, Jawa Tengah, Senin (30/5/2022).

"Tempo hari kan saya dipanggil beliau (Mahfud MD) dikumpulkan nanti akan dibantu untuk pendanaannya," sambung dia.

Pembangunan Masjid Sriwedari telah dimulai sejak 2018 ditaksir menelan anggaran sebesar Rp 165 miliar. Pembangunan masjid diklaim sudah mencapai 85 persen.

"Kan (pembangunan) belum berhenti setahun. Pembangunannya tinggal finishing. Itu barang-barangnya sudah ada di lokasi tinggal masang," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/31/084451278/pastikan-menara-masjid-sriwedari-kuat-panitia-pembangunan-konstruksi-besi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke