Salin Artikel

Buntut 2 Nakes Ditusuk OTK, Pelayanan Puskesmas Saifi Sorong Selatan Ditutup Sementara

SORONG, KOMPAS.com - Aktivitas pelayanan di Puskesmas Saifi, Distrik Saifi, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, ditutup sementara pasca-dua tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas itu ditusuk orang tak dikenal atau OTK saat menuju puskesmas tersebut pada Jumat (27/5/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong Selatan, Mathina Atanai mengutuk keras kejadian tersebut. Menurutnya, kejadian penusukan itu akan mengganggu pelayanan kesehatan masyarakat.

Mathina tidak memungkiri bahwa sarana transportasi menuju puskesmas tempat nakes itu bekerja cukup sulit. Meski begitu, para nakes tetap menjalankan tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong Selatan.

"Untuk itu kami sangat mengharapkan kepada pihak keamanan, baik itu TNI, Polri dan pemerintah setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh pihak terkait untuk memberikan rasa aman kepada petugas kami agar mereka bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik," kata Mathina dalam keterangan pers, Senin (30/5/2022).

"Mengingat tenaga kesehatan merupakan garda terdepan yang bersentuhan lansung dengan masyarakat, jadi mereka perlu mendapatkan rasa aman di seluruh pelosok Kabupaten Sorong Selatan. Tentunya itu merupakan tugas dari pihak keamanana dan para unsur terkait yang bertanggung jawab terhadap masalah tersebut," jelasnya.

Mathina menjelaskan, saat ini kondisi kedua korban sudah berangsur pulih, namun mereka masih merasakan trauma yang cukup berat sehingga masih membutuhkan perwatan oleh dokter di Rumah Sakit Scohlo Keyan.

"Sebagai kepala dinas saya mengimbau kepada tenaga medis tetap lakukan tugasmu sesuai dengan janjimu dan dedikasikan dirimu sebagai perawat yang setia siang dan malam dalam suka dan duka karena pekerjaanmu adalah pekerjaan yang mulia. Biarlah Tuhan yang membalas semuanya demi kesejahteraan masyarakat Soron Sselatan," uangkapnya.

Diketahui, dua orang tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Saifi ditusuk oleh orang tak dikenal (OTK) saat hendak menuju tempat kerjanya di Distrik Saifi, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Jumat (27/5/2022) pagi.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/30/150853978/buntut-2-nakes-ditusuk-otk-pelayanan-puskesmas-saifi-sorong-selatan-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke