Salin Artikel

Anggota KKB Menyamar dan Hendak Tembak Aparat di Acara Bakar Batu, Ini Penjelasan Kapolda Papua

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakiri menjelaskan, seorang anggota KKB menyamar sebagai masyarakat yang ikut dalam prosesi adat tersebut.

Namun saat anggota KKB itu mengokang senjata laras pendek yang dibawanya, suaranya terdengar oleh aparat kemanan yang menjadi sasaran.

Rencana aksi penembakan itu pun bisa digagalkan.

"Jadi dia masuk di antara masyarakat yang sedang bakar batu, sasarannya aparat keamanan. Saat mengokang senjata, suaranya terdengar oleh aparat yang akan ditembak," ujar Fakiri di Jayapura, Sabtu (28/5/2022) malam.

Personel yang mendengar suara senjata tersebut, sambung Fakiri, kemudian menghindar sambil berteriak, sehingga pelaku yang belum sempat menembak kaget dan melarikan diri.

Upaya pengejaran aparat gabungan pun membuahkan hasil karena satu anggota KKB berhasil diamankan.

"Kita berhasil mengamankan LM," kata Fakiri.


Menurut dia, saat menangkap LM, sempat terjadi kontak senjata dan tidak ada korban dari pihak aparat gabungan.

Fakiri memastikan personelnya akan mendalami peran LM dalam berbagai aksi penembakan yang kerap terjadi di Distrik Ilaga.

Dia menjelaskan, LM merupakan anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

Setelah penangkapan LM, Fakiri pun telah meminta seluruh personel di Kabupaten Puncak untuk waspada karena KKB selalu membuat aksi balasan ketika ada anggotanya tertangkap atau tertembak.

"Saya sudah ingatkan seluruh personel untuk waspada dari aksi balasan, masyarakat juga harus diingatkan untuk tidak beraktivitas di tempat yang tidak terpantau aparat," tutur Fakiri.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/29/130110678/anggota-kkb-menyamar-dan-hendak-tembak-aparat-di-acara-bakar-batu-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke