Salin Artikel

Dilantik Jadi Penjabat Bupati Mappi, Ini Karier Michael Gomar di Pemkab Mimika

TIMIKA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Michael Rooney Gomar, S.STP., M.Si sebagai penjabat (Pj) Bupati Mappi, Provinsi Papua di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2022).

Michael Rooney Gomar atau biasa disapa Gomar lahir di Serui 3 Mei 1980, dan lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) angkatan X tahun 2002.

Karir Gomar di Pemerintahan Kabupaten Mimika sudah tidak diragukan lagi.

Sejak lulus kuliah, dengan SK Menteri Dalam Negeri, Gomar ditugaskan di Pemerintah Kabupaten Mimika.

Awal bertugas di tahun 2002, Gomar menjabat sebagai staf PNS Kantor Kecamatan Mimika Baru.

Tahun 2003, Gomar dipercaya menduduki jabatan Kasubid Pemerintahan Bappeda, hingga tahun 2009 memegang jabatan Kasubag Pembukuan dan Akuntansi Bagian Keuangan Setda Mimika.

Tahun 2011, Gomar kembali menduduki jabatan di Bappeda sebagai Kabid Sosbud. Kemudian di tahun 2013, dipercaya sebagai Kepala Distrik Tembagapura.

Setahun kemudian, tepatnya 13 Juni 2014 Gomar dipercaya untuk menjabat Kepala Distrik Amar, dan tahun 2015 kembali menjabat Kepala Distrik Mimika Timur.

Setelah menjabat Kepala Distrik Mimika Timur, Gomar kemudian dilantik dengan jabatan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat pada 20 April 2016.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung tahun 2018, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di tahun 2020.

Gomar kemudian dilantik sebagai Sekda Mimika, tepatnya 3 Maret 2021 oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, hingga akhirnya pada Jumat 27 Mei 2022 Mendagri Tito Karnavian melantik Gomar sebagai Penjabat Bupati Mappi.

Pj Bupati Mappi Michael Gomar mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas kepercayaan yang diberikan Negara kepada dirinya.

"Tentunya kepercayaan dari Negara dengan mempertimbangkan dan penilaian yang objektif atas tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada saya," kata Gomar kepada Kompas.com.

Selain itu, Gomar juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng atas dukungan kepada dirinya untuk melaksanan tugas dan tanggungjawab sebagai Penjabat Bupati Mappi.

"Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan penuh dari Bupati Mimika untuk saya melaksanakan tugas atas kepercayaan Negara sebagai Penjabat Bupati Mappi," tutur Gomar.

Menurut Gomar, kehadiran dirinya sebagai penjabat bupati atas kepercayaan Negara untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Mappi.

Ada tiga tugas utama yang diamanatkan Mendagri untuknya, yakni:

  • Pertama, melaksanakan tugas dan tanggungjawab penyelenggaraan pemerintahan umum, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.
  • Kedua, melakukan reformasi birokrasi Aparatur Sipil Negara sesuai amanat Undang-undang.
  • Ketiga, menjaga Kamtibmas. Keempat, mempersiapkan pelaksanaan Pemilu, Pilpres, Pilkada Gubernur, dan Bupati Tahun 2024.

"Mari kita bersatu bergandengan tangan membangun Mappi bersama," pungkas Gomar.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/28/063310478/dilantik-jadi-penjabat-bupati-mappi-ini-karier-michael-gomar-di-pemkab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke