Salin Artikel

Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa

KOMPAS.com - Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang sangat memesona. Hal ini karena, air terjun tidak hanya turun di bagian tengah melainkan juga pada pinggir-pinggir tebing sehingga membentuk tirai.

Obyek wisata Air Terjun Madakaripura letaknya di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Perjalaan dari Kota Probolinggo menuju  Air Terjun Madakaripura kurang lebih membutuhkan waktu tempuh satu jam.

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, wisatawan harus melakukan trekking selama kurang lebih 20 menit untuk mencapai lokasi air terjun.

Kelelahan perjalanan menuju air terjun terbayar setelah sampai di lokasi Air Terjun Madakaripura.

Pasalnya, Air Terjun Madakaripura memiliki pesona yang luar biasa sebagai air terjun dengan ketinggian sekitar 200 meter.

Air Terjun Madakaripura juga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan juga salah satu air terjun tertunggi di Indonesia.

Pesona lain air terjun ini juga tampak dari bentuk tebing sekelilingnya. Tebing disekitar air terjun memiliki bentuk melingkar seperti gelas raksasa yang tinggi menjulang.

Keunikan lainnya, air terjun tidak hanya mengalir pada bagian tengah air terjun saja, melainkan juga pada celah tebing yang menyempit.

Kondisi ini membuat suasana di bawah air terjun seolah-olah sedang turun hujan. Karena, air yang menetes dari segala arah membuat area sekitar air terjun terlihat seperti gerimis.

Untuk itu, pengunjung yang akan ke Air Terjun Madakaripura disarankan menggunakan jas hujan supaya tidak basah.

Jatuhnya air terjun memperlihatkan gelombang yang sangat dramatis serta membentuk kolam alami di bawah air terjun. Air di kolam itu memiliki warna biru yang transparan dan menyegarkan mata.

Kecantikan air terjun juga terlihat dari pemandangan hijau di sekitarnya. Pohon rindang di area tersebut membuat suasana semakin sejuk dan asri.

Cara Menuju Air Terjun Madakaripura

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Madakaripura, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Dari Kota Probolinggo, kendaraan dapat di arahkan Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Jarak Kota Probolinggo ke Air Terjun Madakaripura kurang lebih 37 km.

Sampai pintu masuk air terjun, wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum harus melakukan trekking menuju Air Terjun Madakaripura.

Cerita Mistis Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura memiliki cerita mistis terkait sejarah yang dimilikinya.

Sejarah Air Terjun Madakaripura ini dulunya adalah tempat bertapa terakhir Mahapatih Gajah Mada. Hal ini yang menyebabkan air terjun bernama Madakaripura.

Madakaripura memiliki arti Mada merupakan penggalan dari Gajah Mada, Kari berarti peninggalan, dan Pura bermakna sembahyang atau semedi.

Madakaripura berarti air terjun abadi. Karena selama ini, Air Terjun Madakaripura tidak pernah mengalami kekeringan. Di pintu masuk air terjun terdapat Patung Gajah Mada.

Cerita mitos yang terkenal ini membuat air terjun dianggap sakral dan konon katanya air terjun ini dapat membuat awet muda.

Sumber:

kemenparekraf.go.id
disporaparbud.probolinggokab.go.id

https://regional.kompas.com/read/2022/05/27/232327178/air-terjun-madakaripura-air-terjun-tertinggi-di-pulau-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke