Salin Artikel

Terekam CCTV, Angggota DPR Benny K Harman Diduga Tampar Karyawan Restoran di Labuan Bajo, Keduanya Saling Lapor Polisi

Terduga korban adalah pegawai Mai Cenggo Restoran, Ricardo Jundawan. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (24/5/2022).

Ricardo dan kuasa hukumnya melaporkan pemukulan tersebut ke Polres Manggarai Barat pada Kamis (26/5/2022).

Keesokan harinya, Jumat (27/5/2022), istri Benny, Maria Geroti Ernawati melaporkan balik Ricardo ke polisi atas kasus perbuatan tak menyenangkan serta menyebarkan hoaks.

Berawal saat diminta pindah duduk

Peristiwa tersebut berawal saat Benny diminta pindah tempat duduk oleh Ricardo. Saat itu meja yang ditempati oleh Benny sudah direservasi.

Pihak restoran juga menjelaskan jika mereka telah menyiapkan tempat yang sama untuk Benny dan keluarganya.

Menurut Piter Roman, pengacara Ricardo Jundawan, dari pengakuan korban, Benny tidak nyaman dan tidak terima dengan penjelasan yang disampaikan Rocardo.

Ia kemudian minta untuk memanggil manager restoran. Korban kemudian meninggalkan Benny dan mampir ke kasir untuk memberitahu kejadian tersebut ke atasannya.

Namun saat berada di ruangan atasannya, tiba-tiba Benny masuk ke ruangan tanpa mengetuk pintu. Padahal ruangan tersebut privat.

Saat masuk, Benny disebut mengeluarkan perkataan yang tak menyenangkan. Ia juga disebut menampar karyawan hotel sebanyak tiga kali.

"Korban juga dibuat visum. Kita belum tahu hasil visum itu," ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan petunjuk yang kuat dari rekaman CCTV, Benny terlihat melakukan upaya gerakan seperti terkonfirmasi memukul dan menampar korban beberapa kali.

"Korban mengalami gangguan telinga sakit ketika buka mulut dan trauma psikologis," kata Piter.

Korban Ricardo membenarkan jika ia ditampar oleh Benny. Hal tersebut terjadi saat Benny diminta pindah dari meja yang sudah direservasi oleh tamu lain yang lebih dulu memesan.

"Atas dasar itu, BKH mengikuti saya hingga ke office. Di situ terlapor menampar saya sebanyak tiga kali," kata dia.

Oleh karyawan, ia kemudian diarahkan duduk ke ruang VIP yang ber-AC dan ia pun memilih meja duduk.

"Kami duduk dan tidak ada tulisan atau pemberitahuan apapun dari pihak resto bahwa meja yang kami duduk sudah di-booked atau reservasi. Kami langsung duduk dan pesan makan," tutur BKH saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis malam.

"Setelah 15 menit duduk menunggu, kami pesan ikan gurame, ayam bakar, dan juga minuman yang ditawarkan. Petugas restoran mencatat apa yang kami pesan dan diberitahu kepada kami harus menunggu dan akan segera dilayani," tambah BKH.

Namun menurut Benny, tiba-tiba ia diminta meningalkan mejanya karena ruangan tersebut sudah direservasi dan harus dikosongkan.

"Saya tanya mengapa kami disuruh keluar? Apakah kami tidak diperkenankan makan di ruangan yang ber-Ac. Memang saya pakai celana pendek dan baju kaus, lagi lusuh karena baru dari kerja kebun," beber dia.

Ia kemudian keluar untuk mencari manajer restoran untuk meminta alasan mengapa ia diperlakukan tidak baik.

"Di front desk itu kami menerima informasi bahwa tamu barusan reservasi per telepon setelah kami sekeluarga datang ke tempat itu. Sehingga kami makin merasa bahwa kami diperlakukan semena-mena," ucap dia.

"Kami menyampaikan bahwa kami telah diperlakukan dengan cara yang biadab alias tidak beradab atas diri kami. Ini kan daerah destinasi pariwisata super premium. Kalau kami diperlakukan begini, apalagi rakyat kecil. Kami mohon penjelasan apa sebenarnya yang terjadi dan alasan apa kami diusir dari ruangan itu," ungkap dia.

Benny sempat menanyakan karyawan siapa yang menyuruh mengeluarkan Benny keluar dari ruangan. Namun karena tak ada yang menjawab, Benny mengaku mendorong muka karyawan.

Ia juga mmeperingatkan agar karyawan memperlakukan pengunjung dengan sopan.

Lapor balik ke polisi

Benny mengatakan setelah kejadian tersebut, pihak restoran sudah menyampaikan permintaan maaf. Namun ia mendapat informasi jika dilaporkan manajer Mai Cenggo ke polisi atas tuduhan kekerasan.

Dia disebut telah menampar karyawan restoran sebanyak tiga kali.

"Kekerasan apa yang saya lakukan? Bukankan pihak manajer Resto Mai Cenggo yang sebenarnya telah melakukan kekerasan perlakuan terhadap kami?" katanya.

Atas dasar itu, Benny pun melapor balik ke polisi.

"Pihak kami akan mengajukan laporan polisi atas perbuatan tidak menyenangkan yang kami terima dan juga melaporkan ke polisi pencemaran nama baik, hoaks, dan menyebarkan informasi sesat pada publik," kata dia.

Sementara itu Kasi Humas Polres Manggarai Barat Iptu Eka DY membenarkan telah menerima laporan.

Pihak kepolisian telah memeriksa korban termasuk meminta pihak puskesmas untuk melalukan pemeriksaan medis kepada Ricardo.

“Hasil dari tindak lanjut tersebut, rekan-rekan dari Reskrim melakukan pemeriksaan awal terhadap

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis : Nansianus Taris | Editor : Reni Susanti)

https://regional.kompas.com/read/2022/05/27/184800678/terekam-cctv-angggota-dpr-benny-k-harman-diduga-tampar-karyawan-restoran-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke