Salin Artikel

Monyet di Wisata Air Wendit Berkeliaran ke Permukiman Warga, Petugas Bantah karena Tak Diberi Makan

MALANG, KOMPAS.com - Pengelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wisata Air Wendit menepis anggapan ratusan monyet yang berkeliaran ke rumah warga di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, akibat kekurangan makanan.

Seorang petugas UPT Wisata Air Wendit, Widodo mengatakan, pihaknya rutin memberi makan monyet yang ada di area perhutanan Wisata Air Wendit.

"Anggapan orang-orang monyet-monyet ini berkeliaran ke rumah warga karena tidak diberi makan itu tidak benar. Kita selalu memberi makan tiga kali sehari. Pagi, siang, dan sore," kata Widodo saat ditemui di area Wisata Air Wendit, Jumat (27/5/2022).

Menurut Widodo, untuk memberi makan monyet yang ada di kawasan itu, pihaknya menghabiskan berkilo-kilo pisang dan ketela.

"Selalu kami beri makan, pisang dan ketela. Karena jumlahnya ratusan, jadi setiap hari bisa menghabiskan berkilo-kilo," tuturnya.

Widodo justru menduga, ratusan monyet itu berkeliaran ke area permukiman warga akibat warga sekitar kerap memberi makan.

"Awalnya diberi makan oleh warga. Karena monyet ini mungkin merasa nyaman, sehingga sering berkeliaran ke sana," katanya.

Saat ini, petugas UPT Wisata Air Wendit terus berupaya menghalau para monyet-monyet itu agar kembali ke area perhutanan Wisata Air Wendit, agar tidak mengganggu warga.

"Saya minta petugas menghalau kembali dari perkampungan, dan saya minta mereka memberi makan monyet setelah masuk area perhutanan. Tidak di dalam area perkampungan warga," jelas Widodo.


Diberitakan sebelumnya, ratusan monyet berkeliaran di perkampungan warga di Dusun Mendit Barat, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Warga setempat pun resah akibat serangan para monyet tersebut. Sebab, genteng rumah warga kerap pecah saat ada monyet menjatuhkan badannya ke atap rumah.

Tidak hanya itu, monyet-monyet itu sering bergelantungan di kabel listrik sampai putus, hingga menyelinap ke rumah warga dan mengambil makanan.

Ketua RT 04 RW 04 Dusun Mendit Barat, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Antok menyebut, setidaknya ada 2 RW di Dusun Mendit Barat yang terdampak dengan monyet-monyet liar itu.

"Kalau perkampungan di R W04 ini ada 4 RT yang terdampak. Di RW 02 juga terdampak," katanya saat ditemui beberapa waktu lalu.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/27/132013978/monyet-di-wisata-air-wendit-berkeliaran-ke-permukiman-warga-petugas-bantah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke