Salin Artikel

Evaluasi Penerapan Sistem "One Way" Saat Pengamanan Pernikahan Adik Jokowi

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo Komisaris Besar (Kombes) Ade Safri Simanjuntak mengatakan, sebelumnya diprediksi akan terjadi kepadatan di sejumlah titik di kawasan gedung pernikahan di Graha Shaba Buana.

Sebab, selama acara akad berlangsung pada pukul 09.00-12.00 WIB, lalu dilanjutkan acara resepsi pada pukul 13.00-15.00 WIB, diberlakukan sistem one way di Jalan Letjen Suprapto.

"Semua prediksi dan antisipasi yang kami lakukan, alhamdulillah presisi. Sukses tanpa ekses. Tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas selama penerapan one way di depan gedung Graha Saba (sepanjang Jalan Letjen Suprapto)," kata Kombes Ade Safri Simanjuntak, pada Jumat (27/5/2022).

"Maupun dalam pelaksanaan rekayasa lalu lintas melalui CB pengalihan arus lalin yang dilakukan selama proses giat akad nikah maupun resepsi pernikahan berlangsung, secara umum arus lalu lintas sangat aman, tertib, dan lancar," tambah dia.

Pantauan Kompas.com saat acara berlangsung, terlihat ribuan personel gabungan diterjunkan dalam pengamanan pernikahan yang dihadiri para pejabat dan tokoh penting di Indonesia.

"Kami menyiapkan 1.364 personel baik dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang dilibatkan dalam pengamanan jalur itu," ujar Ade.

"Alhamdulillah, pengamanan kegiatan VVIP maupun pengamanan kegiatan pernikahan semuanya berjalan dengan aman, lancar, tertib, dan sukses sesuai rencana," terang Ade.


Lancarnya proses pernikahan Idayati dengan Anwar Usman juga ditegaskan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo setelah menghadiri pernikahan adik Presiden Jokowi itu.

"Aman-aman. Semua lancar," singkat Listyo Sigit saat di Graha Shaba Buana Solo.

Sementara itu, dalam pernikahan Idayati dan Anwar Usman itu, sejumlah pejabat negara tampak menghadiri undangan.

Para pejabat itu yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Selain itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pramono Anung, Wiranto, mantan Menteri Agama Fachrul Razi, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, Surya Paloh, dan Akbar Tanjung.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/27/110857378/evaluasi-penerapan-sistem-one-way-saat-pengamanan-pernikahan-adik-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke