Salin Artikel

Jokowi soal Aktivitas Budaya dan Revitalisasi Taman Balaikambang: Semua Harus Dihidupkan Kembali

Pantauan Kompas.com, presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam tiba pukul 11.30 WIB.

Dia terlihat berinteraksi dengan pelaku kesenian wayang orang Balaikambang.

Selama berbincang dengan para seniman, kakek Jan Ethes ini meminta aktivitas budaya harus segera digerakkan. Jokowi juga meminta adanya revitalisasi bangunan.

"Ini saya berkunjung ke Balaikambang Kota Solo dalam rangka melihat aktivitas para seniman, utamanya keseniam rakyat baik wayang orang ketoprak, reog dan seni tradisi yang lainnya," kata Presiden Jokowi saat di Taman Balaikambang Solo, Kamis (26/5/2022).

Presiden menjelaskan, kearifan lokal atau tradisi tradisional rata-rata telah vakum selama dua tahun karena pandemi covid-19 di Indonesia.

"Yang kita tahu sudah 2 tahun ini vakum. Tidak ada kegiatan dan harapkan pandemi bisa kita kendalikan, kita bisa memulai lagi paling penting itu," tegasnya.

"Semuanya harus dihidupkan kembali dalam rangka merawat, memelihara, seni budaya kita," lanjutnya.

Di sisi lain, revitalisasi Taman Balaikambang juga masuk dalam program 10 titik prioritas pembangunan Kota Solo yang diusung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

"Semua yang berkaitan dengan kebudayaan pemerintah pusat akan terus dorong direvitalisasi," kata Jokowi.


Rencananya, anggaran akan mengandalkan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku telah menunjukkan desain revitalisasi kepada Presiden Jokowi.

"Iya itu mau direvitalisasi, Iya sudah (menujukkan desain), reaksinya, apik (bagus)," jelas Gibran Rakabuming, Kamis (26/5/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/05/26/155232878/jokowi-soal-aktivitas-budaya-dan-revitalisasi-taman-balaikambang-semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke