Salin Artikel

26 Pengungsi Rohingya Kabur dari Tempat Penampungan di Pekanbaru

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebanyak 26 orang pengungsi Rohingya kabur dari tempat penampungan di Kota Pekanbaru, Riau.

Kasubag Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Riau Koko Syawaluddin Sitorus mengatakan, para pengungsi Rohingya kabur pada Selasa (24/5/2022), sekitar pukul 03.30 WIB.

"26 pengungsi Rohingya yang kabur ini sebelumnya ditempatkan di Wisma D'cops 2 Pekanbaru," kata Koko dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Ia menjelaskan, awalnya Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Rudenim Pekanbaru mendapatkan informasi dari Imam Syafe’i selaku Kanit Keamanan Negara terkait kaburnya 26 pengungsi Rohingya.

Berdasarkan informasi tersebut, Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Rudenim Pekanbaru langsung memerintahkan kepada petugas piket Regu Delta melakukan pengawasan ke wisma D’cops 2 untuk mendapatkan informasi mengenai pengungsi yang meninggalkan tempat penampungan.

Lalu, petugas meminta keterangan sekuriti.

"Pihak IOM, Kesbangpol, dan Polsek Bukit Raya dan pengelola D'cops melakukan pendataan ulang terkait jumlah pengungsi," kata Koko.

Informasi dari petugas IOM dan pengelola tempat penampungan, pengungsi yang kabur sebanyak 26 orang.

Dari rekaman CCTV, kata Koko, terlihat para pengungsi yang kabur berkumpul di depan kamar 18 pada pukul 03.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari sekuriti piket malam atas Willi Salman, diperkirakan 26 pengungsi itu kabur pada waktu subuh.

"Para pengungsi kabur melalui jendela belakang kamar nomor 18 dengan melompat ke atas tembok pembatas. Terlihat ada bekas pijakan pada rumput di atas tembok pagar samping kiri tempat penampungan," sebut Koko.

Pada siang harinya, kata dia, petugas mendapat informasi dari masyarakat sekitar bahwa pengungsi tersebut terlihat melintas ke arah Jalan Surabaya pada pukul 05.30 WIB, beramai-ramai dan tidak menimbulkan kecurigaan masyarakat.

Terkait kejadian ini, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru telah memerintahkan Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Rudenim Pekanbaru untuk mengawasi dan

mengumpulkan informasi terkait kaburnya 26 pengungsi Rohingya itu.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/25/205922078/26-pengungsi-rohingya-kabur-dari-tempat-penampungan-di-pekanbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke