Salin Artikel

Gubernur Sultra Tunda Pelantikan 2 Penjabat Bupati, Ini Alasannya

Kedua Pj Bupati yang direkomendasikan oleh Kemendagri adalah La Ode Budiman sebagai Pj Bupati Buton Selatan dan Bahri sebagai Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar).

Kedua nama tersebut tidak masuk dalam daftar usulan Gubernur Sultra ke Kemendagri.

Ali Mazi mengungkapkan, tidak menolak rekomendasi Kemendagri, tapi merasa harus terlebih dahulu berkomunikasi dengan Mendagri.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Mendagri," ucap Ali saat ditemui di Kendari, Rabu (25/5/2022).

Setelah berkomunikasi dengan Mendagri Tito Karnavian, Ali mengaku harus melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra.

Hasil dari koordinasi dengan Forkopimda, lanjut Ketua DPW Nasdem Sultra, harus diklarifikasi lagi.

Ali berharap dalam waktu dekat sudah ada petunjuk, sehingga pelantikan dua Pj bupati tersebut segera dilaksanakan.

Sementara itu, Kadis Komunikasi dan Informasi pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra Ridwan Badala mengatakan, Gubernur Sultra perlu berhati-hati dalam melantik penjabat bupati karena ada penolakan dari masyarakat, khususnya di Kabupaten Buton Selatan.

"Karena ada penolakan masyarakat di Buton Selatan, sampai ada pembakaran. Pak gubernur tidak melawan, tapi perlu ada kordinasi dengan Kemendagri, sehingga pak gubernur harus berhati-hati untuk melantik penjabat Bupati Buton Selatan," ungkap Ridwan kepada Kompas.com, Rabu (25/5/2022).


Sedangkan untuk Penjabat Bupati Muna Barat, hingga saat ini tidak ada penolakan dari masyarakat setempat.

"(Namun) harus dilantik bersamaan kedua Penjabat Bupati di dua kabupaten ini. Semoga tidak lama lagi ada pelantikan Pj Bupati," ujarnya.

Kemendagri merekomendasikan Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri, Bahri, dilantik menjadi Pj Bupati Muna Barat.

Sementara Pj Bupati Buton Selatan, Mendagri merekomendasikan nama Sekretaris Daerah Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman.

Sebagaimana diketahui, tiga kepala daerah di Sultra telah memasuki masa akhir jabatannya pada Minggu (22/5/2022), yakni bupati Buton Tengah, Bupati Buton Selatan dan Bupati Muna Barat.

Gubernur Sultra baru melantik Pj Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusuf pada Senin (23/5/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/05/25/132141378/gubernur-sultra-tunda-pelantikan-2-penjabat-bupati-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke