Salin Artikel

Tak Hanya di Banjarmasin, Banjir Rob Juga Rendam 20 Desa di Banjar Kalsel

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, sebanyak 20 desa yang tersebar di 4 kecamatan terdampak banjir rob.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Banjar, Sufrianto mengatakan, kebanyakan desa yang terdampak berlokasi di pesisir Sungai Martapura dengan ketinggian air yang bervariasi. 

"Ada 4 desa yang terparah dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter," ujar Sufrianto, dalam keterangan yang diterima, pada Selasa (24/5/2022) malam. 

Banjir rob yang menggenangi Banjar, kata Sufrianto, disebabkan fenomena pasang surut air laut dan merupakan siklus tahunan. 

Namun, untuk tahun ini sulit diprediksi karena terjadi pada pertengahan tahun.

"Biasanya banjir rob datang antara Desember hingga Februari setiap tahunnya, namun kali ini terjadi di pertengahan tahun," ujar dia. 

Sufrianto mengimbau warga yang terdampak agar tak khawatir dan tetap waspada jika ketinggian air terus meningkat. 

"Kami sudah siap evakuasi warga ke tempat yang aman jika kondisi air meningkat. Selain itu, kami juga sudah siapkan logistik jika kondisinya sudah darurat," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/25/065946678/tak-hanya-di-banjarmasin-banjir-rob-juga-rendam-20-desa-di-banjar-kalsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke