Salin Artikel

Banjir Rob Terjang Pesisir Utara Jateng hingga 25 Mei, Warga Diminta Selamatkan Barang Berharga

Sebelumnya, Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas telah mengeluarkan peringatan dini terkait banjir dan rob yang akan terjadi pada tanggal 23 hingga 24 Mei 2022.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Retno Widyaningsih mengatakan, gelombang tinggi akan terjadi Kota Semarang dan beberapa daerah Jateng.

"Diprediksi gelombang air pasang dari Pukul 12.00 WIB siang sampai pukul 15.00 WIB," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (24/5/2022).

Meski demikian, waktu air rob pasang bisa berubah seiring dengan dampak yang cukup luas. Hal itu berpengaruh lama tidaknya air rob surut.

"Setelah pukul 15.00 WIB itu sebenarnya sudah surut karena ini yang terdampak luas sekali jadi lama," ujarnya.

Untuk hari ini, gelombang air laut diprediksi masih di posisi cukup tinggi. Hal itu berpotensi terjadi gelombang pasang di sejumlah daerah di Jateng.

"Perkiraannya memang berdasarkan data masih pada posisi cukup tinggi. Di samping itu juga gelombang lautnya juga pada kategori sedang ,"ujarnya.

Ketinggian saat ini, gelombang air laut sudah sampai 1,76 Meter. Sementara satu hari sebelumnya ketinggian gelombang sampai di 2,1 meter.

"Gelombang pasang ini bisa akan terus bertambah seiringan dengan kencangnya gelombang laut dan hembusan angin," imbuhnya.

Berdasarkan data yang masuk, sejumlah daerah di pesisir Utara Jawa Tengah juga mengalami gelombang pasang hingga Rabu mendatang.

"Kemarin kami sudah minta konfrimasi dari stakeholder. Terdampak dari Brebes, Tegal, Pekalongan, kendal ,dan Kota Semarang ,Demak, Jepara, Pati dan Rembang. Jadi hampir seluruh bagian Utara Jawa Tengah itu terkonfrimasi pasang," ucapnya.

Dengan ada perkiraan tersebut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bisa waspada dan selalu mengecek informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG). Masyarakat bisa mengecek melalui webs https://pasut.maritimsemarang.com/

"Mohon kepada masyarakat untuk antisipasi terjadinya bencana lebih besar untuk bisa menyelamatkan barang-barang berharga terlebih dahulu ketempat yang lebih tinggi," pesannya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/24/155556378/banjir-rob-terjang-pesisir-utara-jateng-hingga-25-mei-warga-diminta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke