Salin Artikel

Bakal ke Paris untuk Pamerkan UMKM Solo, Gibran Minta Izin dari Kemendagri

Pameran ini rencananya akan dilaksanakan pada pada 8 Juni hingga 15 Juli 2022, di BHV Marais, Paris, Perancis.

"Saya sudah kirim surat izin ke Kemendagri. Tapi belum keluar izinnya," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022).

Pameran ini akan menampilkan produk-produk UMKM pilihan dari Kota Solo bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris.

Di antaranya fashion terutama batik, produk kesenian, perlengkapan rumah tangga, kerajinan tangan dan produk yang bersifat kreatif lokal.

Selain itu, kesenian lokal dan kontemporer juga akan ditampilkan dalam pembukaan pemeran itu.

Produk-produk yang akan berangkat ke Paris, merupakan produk yang sudah diaktualisasi dengan Shopee Indonesia, selama beberapa waktu terakhir.

"Saat ini kami sedang menyeleksi barang-barang unggulan yang ditampilkan. Aktualisasi dari apa yang sudah kita kerjakan di Kampus Ekspor Shopee jadi disana sudah banyak UMKM yang kita bina kita inkubasi. Nah ini saatnya kita bawa barang-barang unggulan kita untuk pameran di luar negeri di Kota Paris," kata Gibran.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, program Kampus UMKM Ekspor di Kota Solo, berkembang sangat baik sehingga layak untuk dipamerkan diluar negeri.

"Tahun lalu kami menargetkan 10 ribu eksportir dari Solo, tercapai dalam kurun waktu kurang dari setahun dan sekarang lebih baik lagi, produk UMKM dari Solo ini, karya anak Indonesia dibawa ke kancah dunia," jelasnya saat di Loji Gandrung, Senin (23/5/2022).

Selama periode satu bulan itu, para pelaku UMKM Solo diharapkan mampu memberikan pengalaman berbeda bagi warga lokal Paris.

"Acaranya lebih dari satu bulan. Acaranya pameran yang akan menunjukkan karya-karyanya, akan menceritakan cerita-cerita dari budaya kita. Saya harap acara ini bisa mengenalkan budaya Solo, budaya Indonesia ke luar sana, khususnya ke Kota Paris," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/24/144948578/bakal-ke-paris-untuk-pamerkan-umkm-solo-gibran-minta-izin-dari-kemendagri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke