Salin Artikel

630 Sapi di Aceh Utara Positif PMK, Minggu Ini Obat Dibagikan ke Peternak

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak 630 sapi positif terjangkit penyakit kuku dan mulut (PMK) di Kabupaten Aceh Utara. Padahal sepekan lalu, baru 88 sapi yang dinyatakan positif.

Dari 630 sapi yang terjangkit PMK, 45 di antaranya dilaporkan sembuh.

Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Aceh Utara Lilis Indriansyah menyebutkan, saat ini tim dokter hewan bekerja maksimal untuk pengendalian PMK.

“Buktinya 45 (sapi) sudah sembuh. Semoga bisa segera sembuh lainnya,” kata Lilis dihubungi melalui telepon, Senin (23/5/2022).

Berkaitan dengan ketersediaan obat dan vaksin PMK, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Utara, drh Cut Teti Udiati TZ menyebutkan, minggu ini pihaknya akan membagikan obat kepada peternak.

“Petugas kita, dokter hewan merekomendasikan obat itu ke peternak. Sedangkan obat dari dinas kita dalam proses pengiriman, hasil pengadaan barang tahun ini. Minggu ini kita bagikan pada peternak,” kata Teti.

Teti mengatakan, meski ada pengadaan obat PMK tetapi jumlahnya diprediksi tidak cukup untuk seluruh peternak yang sapinya terjangkit PMK.

Karena itu, sambung Teti, dinas sudah meminta bantuan ke Dinas Peternakan Provinsi Aceh dan Kementerian Pertanian RI.

“Sampai sekarang belum ada vaksin dari Kementan RI. Kita sudah minta bantuan obat dan vaksin. Agar bisa segera dibagikan,” katanya.

Meski keterbatasan obat dan vaksin untuk PMK, sambung Teti, dokter hewan siap mendampingi peternak cara memberi obat yang benar pada sapi yang positif PMK.

“Kami tentu berharap agar bantuan obat dan vaksin bisa segera tiba di Aceh Utara. Sehingga bisa diberikan gratis pada masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah daerah di Indonesia termasuk di Aceh Utara dinyatakan positif PMK. Penyakit ini marak di Aceh Tamiang, Aceh Utara dan Aceh Barat serta sejumlah kabupaten/kota lainnya di Tanah Air.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/23/213446178/630-sapi-di-aceh-utara-positif-pmk-minggu-ini-obat-dibagikan-ke-peternak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke