Salin Artikel

Banjir Rob Melanda Pesisir Kota Tegal, Warga Sebut Terparah Sejak 1998

Menurut warga Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Risnanto (47), air pasang mulai ke pemukiman warga sejak sekitar pukul 16.00 WIB. Bahkan hingga pukul 19.30 WIB, air belum juga surut.

"Air mulai naik sekitar pukul 16.00 WIB. Ketinggian air sekarang sampai sekitar 75 centimeter atau setinggi lutut orang dewasa," kata Risnanto kepada wartawan, Senin malam.

Risnanto berujar banjir rob kali ini cukup parah. Rob terparah serupa pernah terjadi pada 1998 karena tanggul Sungai Ketiwon jebol.

"Baru terjadi lagi dengan ketinggian air lumayan tinggi. Kali ni merupakan yang terparah sejak 1998 tapi bukan karena tanggul jebol," kata Risnanto.

Risnanto menyebut, dari 250 rumah yang berada satu komplek di Pondok Perumahan Martoloyo tempatnya tinggal, 90 persen di antaranya sudah kemasukan air.

"Sudah ada yang mengungsi ke rumah saudaranya, ada juga warga yang memilih bertahan nunggu air surut," pungkas Risnanto

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal Maman Suherman mengungkapkan, air rob mulai naik ke pantai sejak sekitar pukul 14.00 WIB.

Rob menggenangi areal objek wisata (OW) pantai seperti di Pantai Batamsari, dan Pulo Kodok.

Sedangkan di kawasan OW Pantai Alam Indah (PAI) masih cukup aman karena terhalang jogging track.

"Sekitar pukul 14.00 WIB gelombang laut di PAI dan sekitarnya langsung meninggi. Beruntung disertai badai. Namun walau terhalang joging track tapi air tetap meluap," kata Maman.


Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal Hanif mengatakan, pihaknya masih melakulan inventarisasi di lapangan.

Hanif menyebut, rob terparah sementara terjadi di wilayah Tegal Barat.

"Rekan-rekan masih inventarisir di lapangan. Sementara kondisi terparah ada di Kelurahan Muarareja, Tegal Barat," kata Hanif.

Kepala BMKG Tegal, Kaharudin menyebut, ketinggian air pasang hampir sama di laut utara.

Hanya saja dampak banjir rob tergantung dari ketinggian bibir pantai masing-masing wilayah.

Sebelumnya, peringatan banjir rob sudah disampaikan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Mas, Semarang. Rob terjadi pada 23-24 Mei 2022.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/23/210811978/banjir-rob-melanda-pesisir-kota-tegal-warga-sebut-terparah-sejak-1998

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke