Salin Artikel

Tanggul Jebol akibat Rob Belum Teratasi, Pemkot Semarang Fokus Evakuasi Warga dan Buat Dapur Umum

"Menurut informasi dari temen-temen PU ada salah satu pintu tanggul di daerah PT Lamicitra yang jebol," jelasnya saat pemantauan di Kelurahan Tanjung Emas Semarang, Senin (23/5/2022).

Menurutnya, faktor cuaca paling dominan karena saat ini sedang terjadi air pasang tinggi. Jebolnya pintu tanggul laut tersebut diakibatkan oleh air pasang yang sering terjadi.

"Penyebab utamanya pasti karena air pasang rob yang tinggi," ujarnya.

Dia mengaku sudah mengumpulkan beberapa instansi terkait untuk membahas penanganan, evakuasi serta tindakan-tindakan selanjutnya untuk mengatasi permasalah tersebut.

"Malam ini kami menentukan upaya langkah-langkah tercepat dan terbaik untuk penanganan banjir rob," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah koordinasi terkait pembuatan dapur umum. Dia memastikan pemerintah sudah menyiapkan kebutuhan yang diperlukan warga. 

"Kita juga sudah menyiapkan kebutuhan untuk meringankan beban warga," imbuhnya.

Sampai saat ini Pemkot Semarang masih fokus untuk melakukan evakuasi dan pemberian bantuan terhadap warga yang terdampak banjir rob. 

Dia juga memerintahkan pihak terkait untuk tetap menyediakan tempat pengungsian. Meskipun, sebagian besar warga yang terdampak masih memilih bertahan di rumahnya.

"Setelah kita melihat itu, maka kebutuhannya yang mutlak diperlukan adalah penanganan terhadap masyarakat. Bantuan untuk sosialnya terutama dapur umum," paparnya

https://regional.kompas.com/read/2022/05/23/203828478/tanggul-jebol-akibat-rob-belum-teratasi-pemkot-semarang-fokus-evakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke